Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan Parkir RSUP Dr Sardjito Disulap Jadi Ruang ICU Gatotkaca 4

Kompas.com - 30/08/2021, 10:34 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai tiga Gedung Parkir Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito disulap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi Ruang Isolasi Intensive Care Unit (ICU) Gatotkaca 4.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, hal ini terjadi karena kasus Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sangat tinggi.

"Sehingga, rumah sakit harus terus berupaya menambah tempat tidur atau bed untuk pasien Covid-19," ujar Basuki, dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (30/08/2021).

Basuki melanjutkan, DIY membutuhkan minimal 200 tempat tidur ruang isolasi intensif bagi pasien Covid-19.

Namun, hingga saat ini, baru tersedia 150 tempat tidur di RSUP Dr Sardjito.

Sehingga, dengan adanya tambahan 65 tempat tidur di Ruang ICU Gatotakaca 4 diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan masyarakat DIY.

Baca juga: Minggu Depan, Ruang Perawataan Pasien Covid-19 di RSCM Rampung

Pembangunan Ruang Isolasi ICU Gatotkaca 4 telah dimulai sejak 21 Juli 2021 silam dengan memanfaatkan lahan parkir di Gedung Parkir RSUP Dr Sardjito Yogyakarta lantai 3.

Sesuai rencana, ruang ICU ini diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan kritis.

Pembangunan ruang ICU merupakan salah satu upaya optimalisasi layanan di masa pandemi mengingat positivity rate (tingkat kasus positif) Covid-19 di DIY masih mencapai 53 persen.

Ruang Isolasi ICU Gatotkaca 4 dibangun dengan konsep terintegrasi, terdiri dari 65 kamar tidur yang dilengkapi dengan pelayanan penunjang seperti satelit farmasi, radiologi, laboratorium, gizi, dan ruang dekontaminasi.

Sebanyak 62 kamar tidur akan digunakan sebagai ruang isolasi intensif, 2 kamar tidur untuk  ruang cuci darah pasien terkonfirmasi Covid-19, serta 1 kamar tidur untuk penempatan Extracorporeal Membrane Oxygenerator (EMCO).

Hal ini dilakukan demi mendukung sementara fungsi paru-paru dan jantung pasien Covid-19 selama masa pemulihan.

Ruang Isolasi ICU Gatotkaca 4 telah melalui tes kelayakan teknis, uji fungsi alat-alat, dan juga dilakukan training penggunaan gedung bagi sumber daya manusia (SDM) yang akan bertugas.

Selanjutnya, ruang intensif Covid-19 yang sudah ada saat ini akan dipusatkan ke Ruang Gatotkaca 4 sehingga mutu, keselamatan, dan efisiensi layanan akan terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com