Kompas.com - 28/08/2021, 12:00 WIB
Direktur Utama PPDPP Kementerian PUPR Arief Sabaruddin mengevaluasi bank penyalur FLPP Kuartal III 2021. Dok. PPDPP Kementerian PUPR.Direktur Utama PPDPP Kementerian PUPR Arief Sabaruddin mengevaluasi bank penyalur FLPP Kuartal III 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga bank dinobatkan menjadi penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan performa terbaik per 25 Agustus 2021.

Ketiga bank tersebut adalah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat atau BPD Nagari, serta PT BPD Jambi Syariah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penilaian dapat diketahui dengan mempertimbangkan 12 parameter oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Keduabelas parameter tersebut yakni, lama waktu tunggu user (pengguna) SiKasep, kepatuhan penyampaian berkas asli, sosialisasi dan edukasi, dan ketepatan sasaran penyaluran dana FLPP.

Kemudian, tindaklanjut surat peringatan, penyiapan stiker atau plat KPR Sejahtera sesuai format, penyediaan seluruh data penyaluran dana FLPP, dan perubahan data debitur.

Selain itu, penyampaian data debitur aktif, penyampaian rekening koran tepat waktu, rekonsiliasi dan jadwal angsuran, serta pelunasan dipercepat.

Direktur Utama PPDPP Kementerian PUPR Arief Sabaruddin menekankan agar bank penyalur dapat mempercepat antrian SiKasep.

Baca juga: Paruh Tahun, 115.355 Rumah Dibiayai KPR FLPP

"Karena dari evaluasi yang kami lakukan, rata-rata bank pelaksana baru melayani 100 hari lamanya. Dan menurut saya itu masih terlalu lama," ujar dia dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8/2021).

Meski begitu, ada 10 bank yang ditetapkan terbaik dari sisi parameter layanan berupa kecepatan dalam merespon daftar antrian SiKasep dan kepatuhan penyampaikan berkas asli sekaligus sosialisasi.

PT BPD Sumatera Utara Syariah, PT Jambi Syariah, PT BPD DKI Jakarta, PT BPD NTB Syariah, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

PT BPD Kepulauan Riau Syariah, PT BPD Riau Kepri, PT BRI Agroniaga, PT Sulawesi Selatan dan Barat, serta PT BPD Nagari Syariah.

Sementara itu dari sisi keuangan, evaluasi yang dilakukan kepada bank penyalur mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya.

Dari bank pelaksana yang ada, 94 persen telah aktif menyampaikan data debiturnya, 84 persen menyampaikan rekening koran tepat waktu, 100 persen bank telah mempercepat pelunasan, dan 96 persen telah melaksanakan rekonsiliasi dan jadwal angsuran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.