Tujuh Bank Sepakat Restrukturisasi 75 Persen Total Utang Waskita Karya

Kompas.com - 27/08/2021, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan tujuh kreditur perbankan telah mencapai kesepakatan untuk melakukan restrukturisasi utang Rp 21,9 triliun.

Angka ini merupakan 75 persen dari total utang Rp 29,2 riliun yang direstrukturisasi.

Ketujuh bank yang terlibat dalam restrukturisasi tersebut adalah Bank Negara Indonesia, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank BTPN, Bank Syariah Indonesia, Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, dan Bank DKI.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan para kreditur dan Kementerian BUMN sehingga restrukturisasi keuangan Waskita dapat terlaksana.

Baca juga: Waskita Garap 5 Gedung dan Fasilitas Penunjang Pura Agung Besakih

Menurut dia, terlaksananya penandatanganan kesepakatan dengan seluruh kreditur menjadi langkah yang sangat baik bagi perbaikan kondisi keuangan serta kinerja operasional Waskita Karya.

"Dengan demikian, dapat meningkatkan kepercayaan dan optimisme seluruh pihak terkait kepada Waskita,” ujar Destiawan dalam keterangan tertulis, Jumat (27/08/2021).

Dalam sambutannya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo juga menyampaikan hal senada.

“Waskita merupakan salah satu BUMN strategis yang telah berkontribusi baik dalam pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan perekonomian Nasional,” jelas Kartika.

Restrukturisasi keuangan Waskita dilakukan dengan pendekatan proyek-proyek Waskita sesuai dengan perhitungan proyeksi keuangan yang telah disetujui oleh para Kreditur.

Terdapat beberapa poin utama dalam perjanjian restrukturisasi tersebut, antara lain membagi seluruh utang bank outstanding Waskita dalam dua tranches, yaitu Tranche A senilai Rp 13,7 triliun serta Tranche B1 & B2 dengan total nilai Rp 15,5 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.