Kompas.com - 27/08/2021, 14:00 WIB
Gerbang Tol (GT) Pemalang Jalan Tol Pemalang-Batang. Dok. PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR).Gerbang Tol (GT) Pemalang Jalan Tol Pemalang-Batang.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR) mengumumkan, Gerbang Tol (GT) Simpang Susun (SS) Pekalongan Jalan Tol Pemalang-Batang resmi dibuka mulai Jumat (27/08/2021) pukul 10.00 WIB.

Pembukaan GT ini mendapatkan dukungan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

GT ini diopeasikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR Nomor 996/KPTS/M/2021 tanggal 13 Agustus 2021 tentang Penetapan Pengoperasian Simpang Susun Pekalongan KM331+300 Sebagai Bagian dari Jalan Tol Pemalang Batang.

Lalu, SK Menteri PUPR Nomor 997/KPTS/M/2021 tanggal 13 Agustus 2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Simpang Susun Pekalongan pada Jalan Tol Pemalang Batang.

Direktur Utama PBTR Supriyono menyampaikan, GT Pekalongan telah dinyatakan
memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis dan administratif, serta persyaratan sistem operasi tol sehingga dapat beroperasi.

Baca juga: Resmi, Tarif Tol Pemalang–Batang Naik 4,41 Persen Kamis Ini

"Kami harap dengan dibukanya GT Pekalongan ini, kemudahan mobilitas pengguna jalan khususnya bagi masyarakat Pekalongan dapat meningkat, serta konektivitas antar wilayah juga semakin lancar," ucap Supriyono dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (27/08/2021).

PBTR selalu berkomitmen untuk terus menjaga mutu pengoperasian jalan tol iini demi kenyamanan pengguna jalan dalam berkendara.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menambahkan, pembukaan GT ini dapat mempercepat dan
memudahkan akses penduduk maupun pengunjung menuju Kabupaten Pekalongan.

"Mobilitas penduduk yang tinggi tentu menjadi poin penting dalam pembangunan daerah yang
juga dapat meningkatkan potensi investasi," kata Fadia.

Untuk diketahui, GT Pekalongan menambah deretan GT Pemalang-Batang yang terletak di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

Selain GT Pekalongan, Tol Pemalang-Batang sebelumnya memiliki dua gerbang tol lainnya, yaitu GT Pemalang dan GT Batang yang sudah beroperasi sejak 2018.

Gerbang tol ini nanti akan membuka akses bagi pengguna jalan menuju ibu kota atau pusat pemerintahan Kabupaten Pekalongan yaitu Kajen yang merupakan bagian dari arah perjalanan ke jalur Selatan Pulau Jawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.