Kompas.com - 26/08/2021, 17:00 WIB
Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra Kementerian ATR/BPNWakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra mengatakan, pembangunan Malang Raya merupakan momentum yang tepat dalam mengawali pengembangan Jawa Timur bagian Selatan.

"Momentum ini jadi pintu masuk bersama dalam membangun daerah Jawa Timur bagian selatan," ujar Surya dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Kamis (26/08/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, Malang Raya terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, serta Kota Batu.

Hingga saat ini, Kabupaten Malang telah mendapatkan perhatian dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), terutama soal penelitian potensi daerah.

Dia mengatakan, akan banyak hal yang dibangun dalam pengembangan ini seperti sektor energi, perikanan, serta wisata.

Selain itu, kata Surya, Kementerian ATR/BPN sebagai organisasi vertikal yang punya pengetahuan konteks nasional dalam hal status dan riwayat tanah dapat mendukung proses dari perencanaan besar ini.

Baca juga: Begini Strategi Pemerintah Kembangkan Potensi Jawa Bagian Selatan

"Kesempatan dan momentum pembangunan ini pasti akan datang. Karena itu, kita harus paham dan siap agar dapat mendukung hal ini, sebab Malang Raya pantas dapat perhatian, tambahnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Basilio Araujo menjelaskan terkait potensi yang tersebar di Kabupaten Malang.

"Berdasarkan penelitian, ditemukan potensi dalam sektor perikanan. Karena jangkauan fishing ground (daerah tangkapan ikan) yang lebih luas di daerah Kabupaten Malang, hal ini berpotensi pada banyaknya migrasi ikan tuna," terang Basilio.

Total jangkauan daerah tangkapan ikan sendiri sebanyak 45 titik dengan luas sebesar 9.792 kilometer persegi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.