Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 29 Agustus, Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Resmi Naik

Kompas.com - 26/08/2021, 15:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) akan mengalami penyesuaian tarif mulai Minggu (29/08/2021) pukul 00.00 WIB.

Hal ini menyusul terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 732/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), tertanggal 22 Maret 2021.

Sejatinya, penyesuaian tarif tol telah diatur berdasarkan regulasi tentang Jalan Tol yang terdapat pada Peraturan Presiden (PP) Nomor 17 Tahun 2021 tentang perubahan keempat atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Baca juga: Simak, Perkembangan Terbaru 8 Ruas Jalan Tol Trans-Sumatera

Dalam aturan itu disebutkan, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro mengatakan, penyesuaian tarif penting dilakukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi.

"Selain telah diatur sesuai regulasi pemerintah, penyesuaian tarif juga perlu dilakukan untuk menjaga kepercayaan investor dan membangun iklim investasi yang kondusif," terang Koentjoro dalam keterangan tertulis, Kamis (26/08/2021).

Maka dari itu, perlu adanya pengembalian dana yang diperoleh dari pendapatan tol agar sesuai dengan business plan (rencnaa bisnis) yang sudah disepakati demi keberlanjutan jalan tol tersebut.

Dia memastikan, penyesuaian tarif ini telah diikuti dengan peningkatan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Baca juga: Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Bakal Naik

Sehingga, perusahaan berkomitmen memberikan pelayanan optimal bagi seluruh pengguna jalan tol.

Misalnya dari sisi pelayanan transaksi, Hutama Karya telah menambah beberapa gardu tol yakni dua gardu tol di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan menjadi tujuh.

Lalu ada penambahan dua gardu tol lagi di GT Kotabaru dari 4 menjadi 6 gardu.

Koentjoro mengungkapkan, terdapat tambahan 6 unit mobile reader di GT Bakauheni Selatan
dan 2 unit di GT Terbanggi Besar.

Menurutnya, Hutama Karya juga giat dalam melaksanakan penertiban kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL).

Perseroan juga telah memasang Variable Message Sign (VMS) di sepanjang Tol Bakter, penambahan 2 unit VMS Mobile pada kendaraan patroli, pemasangan 289 unit CCTV jalur, serta optimalisasi sentral komunikasi.

Dari sisi pelayanan pemeliharaan juga telah dilakukan penambahan rambu, pengecatan marka dan peremajaan, serta penambahan rumble strip dan di lokasi rawan mengantuk.

Kemudian, pemasangan warning light, pemeliharaan fisik jalan tol secara periodik, dan perbaikan dengan rekonstruksi beton rigid.

"Terakhir, perusahaan juga aktif melakukan kegiatan penghijauan secara rutin pada sepanjang Tol Bakter sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup dan peningkatan estetika ruas," tuntasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com