Kompas.com - 26/08/2021, 12:30 WIB
Pakuwon Bekasi Superblock Pakuwon JatiPakuwon Bekasi Superblock

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat suku bunga kredit yang rendah dan fasilitas insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) menjadi pendorong pra-penjualan atau marketing sales PT Pakuwon Jati Tbk.

Hingga Semester I-2021 saat insentif fiskal periode pertama bergulir sejak Maret, Perseroan yang dirintis Alexander Tedja ini berhasil meraup marketing sales senilai Rp 820 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana diketahui, Pemerintah mengeluarkan relaksasi PPN melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 21/PMK.010/2021 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Rumah Tapak dan Unit Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah (DTP) tahun anggaran 2021.

Baca juga: Pakuwon Cetak Pendapatan Semester I Rp 2,46 Triliun

PMK tersebut resmi berlaku sejak diundangkan pada tanggal 1 Maret 2021 dan ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, dan berlaku hingga 31 Agustus 2021.

Namun, pelonggaran fiskal ini kemudian diperpanjang hingga 31 Desember 2021 melalui PMK Nomor 103/PMK.010/2021, untuk memberikan stimulus konsumsi dalam rangka menjaga ritme pemulihan ekonomi.

Menurut Direktur dan Sekretaris Pakuwon Jati Minarto Basuki, pencapaian marketing sales perseroan, melonjak 64 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Nilai marketing sales ini juga ekuivalen dengan 58,6 persen dari target Perseroan untuk tahun 2021 sebesar Rp 1,4 triliun," kata Minarto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

Rumah tapak atau landed house menjadi kontributor terbesar bagi pra-penjualan Perseroan dengan komposisi 52 persen.

Sementara kombinasi penjualan apartemen dan perkantoran strata menyumbang sebesar 48 persen.

Baca juga: Pakuwon Incar Rp 1 Triliun dari Penjualan Ready Stock Bebas PPN

Sepanjang enam bulan pertama, Perseroan juga telah mengucurkan belanja modal atau capital expenditure senilai Rp 269 miliar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.