Kompas.com - 24/08/2021, 13:00 WIB
BSD City SinarmasBSD City

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinarmas Land bersama PT Chandra Asri Petrochemical Tbk atau Chandra Asri mengimplementasikan aspal dengan campuran sampah plastik di salah satu jalan kawasan BSD City, Tangerang Selatan.

Total area yang telah diaspal seluas 15.518 meter persegi, dengan konsumsi sampah plastik sebesar 5,37 ton atau setara dengan 3,58 juta lembar kantong kresek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2019, timbunan sampah di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan 15 persen di antaranya merupakan sampah plastik.

Maka dari itu, salah satu penyelesaian masalah persampahan adalah model ekonomi sirkular yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bisnis, dan lingkungan.

Baca juga: Aspal Plastik dan Karet Bisa Digunakan untuk Bandara dan Pelabuhan

Demi mewujudkan ekonomi sirkular, peran serta dari seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengelolaan sampah plastik.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe mengeklaim, kegiatan yang dilakukan bersama Chandra Asri sejalan dengan visi sustainability perusahaan untuk menciptakan pembangunan berkelanjutan.

“Sebagai bentuk kontribusi secara positif terhadap komitmen Indonesia dalam menjaga lingkungan, Sinar Mas Land menyadari perlu adanya langkah konkret yang dilakukan atas isu perubahan dan pelestarian lingkungan," ujar Dhony dalam siaran pers, Selasa (24/08/2021).

Dhony mengatakan, Chandra Asri sejak tahun 2018 telah mengimplementasikan aspal dengan campuran sampah plastik melalui program “Aspal Plastik untuk Indonesia Asri” bersama dengan pemangku kepentingan lainnya.

Program ini merupakan bagian dari upaya Chandra Asri mengimplementasikan model ekonomi sirkular.

Sementara Vice President of Corporate Relations & Sustainability Chandra Asri Edi Rivai berpendapat, kerja sama dengan Sinarmas Land menjadi bukti upaya perseroan dalam mencari solusi berkelanjutan atas permasalahan sampah, khususnya plastik.

Baca juga: 9,52 Juta Ton Sampah Plastik Bisa Perkeras 190.000 Kilometer Jalan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.