Kompas.com - 21/08/2021, 08:00 WIB
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meresmikan menara Masjid Al Istiqomah di Mabarhilir, Medandeli, Jumat (20/8/2021) Dok: Diskominfo Provinsi SumutGubernur Sumut Edy Rahmayadi meresmikan menara Masjid Al Istiqomah di Mabarhilir, Medandeli, Jumat (20/8/2021)

MEDAN, KOMPAS.com – Peresmian menara Masjid Al-Istiqomah di Jalan Suasa Tengah, Mabarhilir, Kecamatan Medandeli, Kota Medan, dihadiri Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Pengurus masjid mewakili masyarakat setempat mengambil kesempatan menyampaikan keluhan, mereka butuh lahan untuk pemakaman baru karena pemakaman yang lama sudah penuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Edy langsung merespons dengan menelepon Direktur PT Perkebunan Nusantara II, Irwan Perangin-angin agar mengupayakan lahan eks-HGU PTPN II yang ada sekitar Mabarhilir dialihkan menjadi pemakaman supaya masyarakat tidak kesulitan lagi.

Menurut dia, areal pemakaman itu penting sekali di tengah-tengah masyarakat, di sekitar masjid, tempat pemakamannya sudah sangat penuh.

Baca juga: Ingin Kota Medan Terang Benderang, Pemkot Ganti Lampu Jalan Jadi LED

"Kami upayakan lahan eks HGU PTPN 2 sebagian dialihkan menjadi tempat pemakaman,” kata Edy dikutip dari siaran pers Diskominfo Sumut yang diterima Kompas.com, Jumat (20/8/2021).

Dia meminta masyarakat untuk merawat dan menjaga lahan bila sudah dialihkan menjadi pemakaman.

“Kalau sudah selesai administrasinya, sudah dialihkan menjadi pemakaman, dirawat dan dijaga karena itu milik semua masyarakat,” ucapnya.

Menanggapi permintaan Edy, Irwan lewat sambungan telepon mengatakan akan segera berkoordinasi untuk melakukan pengalihan lahan.

“Kita akan koordinasikan, Pak... Kalau memang tidak ada kendala lagi, kita akan segera kerjakan untuk menjadi area pemakaman di sana,” katanya.

Ketua BKM Masjid Al-Istiqomah Irawan menjelaskan, masyarakat membutuhkan sekitar 5 hektare lahan untuk area pemakaman baru.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.