Kompas.com - 20/08/2021, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2022, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki tiga program dalam mendukung keberlanjutan penyelengaraan rumah swadaya.

Direktur Rumah Swadaya Ditjen Perumahan Kementerian PUPR KM Arsyad mengungkapkan, ketiga program itu adalah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Terintegrasi, Bantuan Perumahan Swadaya Sejahtera (Bapesra), serta Klinik Rumah Swadaya.

"Dari sisi keberlanjutan, kalau kita sudah membicarakan BSPS dan KSPN, maka ke depan Ditjen Perumahan mengembangkan lagi BSPS Terintegrasi," kata Arsyad dalam webinar Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2021, Jumat (20/08/2021).

Jika BSPS berfokus dalam menangani rumah layak huni, BSPS Terintegrasi akan mengubah fokusnya dalam penanganan permukiman kumuh.

Arsyad menuturkan, Ditjen Perumahan tak sendiri dalam menangani program ini, melainkan bekerja sama dengan unit organsiasi Kementerian PUPR lainnya yaitu Ditjen Cipta Karya.

Program ini merupakan upaya dalam mencipatkan rumah dan kawasan terbangun secara sehat.

Baca juga: Percepat Pembangunan Rumah, Pemerintah Butuh Gerakan Rakyat

Dalam kegiatan ini, Ditjen Perumahan akan menangani masalah ketidakteraturan bangunan, tingkat kepadatanan bangunan yang tinggi, dan kualitas bangunan tak memenuhi persyaratan.

Sementara fokus Ditjen Cipta Karya terkait jalan lingkungan, air minum dan limbah, sampah, serta drainase lingkungan.

Lalu, ada program Bapesra yang mana diharapkan ada dana tambahan dari Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mendampingi program ini.

Jadi, Pemerintah Pusat perlu berkolaborasi dengan Pemda dalam menjalankan Bapesra untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.