Kompas.com - 19/08/2021, 22:00 WIB
the Neue Nationalgalerie https://www.smb.museum/the Neue Nationalgalerie

JAKARTA, KOMPAS.com - Galeri Nasional Neue yang ikonik di Berlin akan segera dibuka kembali.

Setelah enam tahun renovasi secara besar-besaran, mahakarya arsitektur dan kuil seni modern Mies van der Rohe telah diperbarui dalam citra aslinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Museum ini dibangun antara tahun 1965 dan 1968 dengan ciri khas geometris dan dipenuhi jendela kaca.

Terdapat banyak koleksi mahakarya seni pada abad ke-20 dan ditutup pada tahun 2015 untuk pemugaran ekstensif. 

Proses renovasinya memakan waktu dua kali lebih lama dari konstruksi asli bangunan. Setelah mengalami renovasi besar, Galeri Nasional Neue sekarang memulai sejarah baru.

Baca juga: Unik, Museum di China Ini Punya Fasad Reflektif

David Chipperfield seorang yang merancang kembali galeri tersebut untuk pertama kalinya menggali dan memperbarui bangunan.

Dia tidak menyingkirkan konsep utopis, sebagai prinsip dan filosofi dasar yang diterapkan ketika bangunan ini didirikan pertama kali.

Menurut David, galeri ini merupakan salah satu karyanya yang paling menantang karena mengilhami struktur dengan "harmoni yang ekstrim" melalui koordinasi struktur dan ruang, konstruksi dan material, tujuan dan bentuk.

David mendapatkan pujian dari Sekretaris Negara di Kementerian Dalam Negeri Federal, Anne Katrin Bohle karena sejalan dengan visi menghapus, memulihkan, dan memasang kembali sekitar 35.000 objek bangunan termasuk lempengan granit, perlengkapan lampu, pagar, kaca dan panel kayu. 

Galeri Nasional Neue juga dimodernisasi untuk memenuhi standar kontemporer. Dilengkapi dengan penyejuk udara, proteksi kebakaran, dan keamanan. Seluruh sistem pemanas di bawah lantai, dan sistem ventilasinya telah diperbarui.

Kini, koleksi seni yang dimiliki menawarkan mahakarya kontemporer oleh seniman dari seluruh Eropa dan Amerika Utara, seperti Edvard Munch, Pablo Picasso, Ernst Ludwig Kirchner, Francis Bacon, Gerhard Richter dan Andy Warhol.

Setelah enam tahun direnovasi, Galeri Nasional Neue akan dibuka kembali pada 22 Agustus 2021. Galeri ini diprediksi menjadi magnet baru bagi publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber DW
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.