Pemerintah Fokus Lima Sektor Infrastruktur Prioritas, Ini Daftarnya

Kompas.com - 19/08/2021, 15:00 WIB
Jalan Tol Balikpapan Samarinda Kementerian PUPRJalan Tol Balikpapan Samarinda

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pada tahun 2021 pembangunan infrastruktur difokuskan pada lima program utama.

Hal ini sesuai dengan arahan Badana Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Keuangan.

"Kami utamakan pekerjaan-pekerjaan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat dan yang dapat segera menciptakan lapangan pekerjaan di masa pandemi ini,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (18/8/2021).

Basuki menuturkan untuk program prioritas yang pertama adalah penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020, antara lain pembangunan 48 bendungan, dan pembangunan 406 kilometer jalan tol.

Baca juga: Salurkan Dana Pengadaan Lahan, LMAN Prioritaskan Tol Trans-Sumatera

Kemudian, 25.000 hektar daerah irigasi, 2.012 liter per detik SPAM, 9.705 unit rumah susun, serta rehabilitasi sekolah, perguruan tinggi, gedung olahraga dan yang lainnya.

Hingga Agustus 2021, terdapat empat bendungan yang siap diresmikan yaitu Bendungan Way Sekampung, Bendungan Kuningan, Bendungan Paselloreng, dan Bendungan Bendo.

Denan begitu, total bendungan yang akan diselesaikan pada tahun 2021 ini yaitu 13 bendungan.

"Termasuk Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi yang akan digunakan untuk pengendalian banjir Jakarta,” ujarnya.

Selain bendungan, tahun ini juga akan diselesaikan beberapa infrastruktur konektivitas di antaranya Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1, 6 Ruas Dalam Kota Jakarta Seksi A Kelapa Gading-Pulo Gebang, Cibitung-Cilincing Seksi 1, Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5, dan Jalan Lingkar Brebes Tegal.

Sedangkan pada bidang permukiman tengah diselesaikan pembangunan Pasar Sukawati Blok A dan Blok B Kabupaten Gianyar, Venue Piala Dunia FIFA U-20 Kota Surakarta, TPA Talang Gulo Kota Jambi, Supit Urang Kota Malang, dan Jabon Kabupaten Sidoarjo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.