Kompas.com - 17/08/2021, 22:00 WIB
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi (kiri) bersama Wakil Bupati Abdul Rouf, saat mencoba suplai air bersih dari Offtake Mantup, Selasa (17/8/2021). Dok. Humas Pemkab LamonganBupati Lamongan Yuhronur Efendi (kiri) bersama Wakil Bupati Abdul Rouf, saat mencoba suplai air bersih dari Offtake Mantup, Selasa (17/8/2021).

LAMONGAN, KOMPAS.com - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mojokerto Lamongan Gresik (Mojolagres) Offtake Mantup yang berada di Desa Pelang, Kecamatan Kembangbahu, Lamongan, bertepatan dengan perayaan HUT ke-76 RI, Selasa (17/8/2021).

Beroperasinya SPAM ini membuat warga Lamongan, khususnya mereka yang berdomisili di Kecamatan Mantup dan Kembangbahu, tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan suplai air bersih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk saat ini air bersih yang akan disalurkan sebanyak 500 Sambungan Rumah (SR) di dua desa. Dengan rincian, 150 SR di Desa Glugu, Kecamatan Mantup dan 350 SR di Desa Pelang, Kecamatan Kembangbahu.

Baca juga: Tambah Pasokan Air Bersih, SPAM Regional Wosusokas Dibangun

"Mulai saat ini, masyarakat Desa Pelang mandi air bersih. Semoga kegembiraan ini juga dirasakan warga Pelang dan sekitarnya. Kemarin saya minta Direktur PDAM sama PU Cipta Karya untuk mengebut pengerjaan, pipa-pipa harus sudah terpasang," ujar Yuhronur, Selasa (17/8/2021).

Dia berharap, pengerjaan pemasangan pipa untuk suplai air bersih ini dapat terus dilakukan dan berlanjut secara sistematis.

Dengan begitu pada tahun depan, suplai air bersih juga dapat dirasakan oleh warga yang berdomisili di Kecamatan Tikung.

Kepala Desa Pelang Dumilah menyambut antusias fasilitas air bersih yang diusahakan oleh Pemkab Lamongan.

Sebab selama ini, warga Desa Pelang hanya memanfaatkan air telaga setempat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Alhamdulillah, akhirnya mulai saat ini warga saya dapat mandi air bersih. Selama ini, kami menggunakan air telaga yang warnanya ijo royo-royo (hijau keruh). Tapi kini air bersih sudah tersedia di desa kami," kata Dumilah.

Antusias serupa juga diutarakan oleh salah seorang warga Desa Pelang, Tomo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.