Kompas.com - 17/08/2021, 13:00 WIB
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Dok. PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS).Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) siap mengoperasikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,99 kilometer secara penuh.

Hal ini menyusul tuntasnya konstruksi Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km13) masing-masing sepanjang 22,03 kilometer dan 11,09 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, kedua seksi ini melengkapi tiga ruas sebelumnya yang telah beroperasi sejak tahun 2019.

Direktur Utama JBS Jinto Sirait mengatakan hal ini dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (17/08/2021).

"Dengan beroperasinya Seksi 1 dan Seksi 5 yang progres konstruksinya telah mencapai 100 persen ini, maka akan tersambung secara penuh dari Balikpapan sampai Samarinda," ujar Jinto.

Sehingga, hal ini akan berdampak positif pada peningkatan volume lalu lintas (lalin) jalan tol.

Jinto berpendapat, tersambungnya seluruh ruas mulai dari Sepinggan hingga Samarinda akan mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Kalimantan Timur.

Karena, tol tersebut dapat menghubungkan Bandara Sepinggan dengan berbagai titik lokasi strategis di Balikpapan dan Samarinda.

Baca juga: Empat Ruas Jalan Tol dan Lingkar Baru Siap Sambut Kemerdekaan RI

Untuk diketahui, Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) merupakan porsi dukungan konstruksi Pemerintah.

Dengan siap beroperasinya dua seksi tersebut maka akan dilaksanakan serah terima aset dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.