Kompas.com - 14/08/2021, 22:00 WIB
Jalan Akses Pelabuhan Teluk Tapang-Bunga Tanjung. Dok. Kementerian PUPR.Jalan Akses Pelabuhan Teluk Tapang-Bunga Tanjung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi Jalan Akses Pelabuhan Teluk Tapang-Bunga Tanjung tengah dipercepat agar bisa rampung akhir tahun 2021.

Pembangunan jalan ini dilakukan demi mendukung konektivitas dan memajukan perekonomian di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih dari itu, kehadiran infrastruktur tersebut bakal meningkatkan akses ke Pelabuhan Teluk Tapang yang direncanakan mulai beroperasi tahun 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan dan jembatan memiliki peran penting sebagai tulang punggung pengembangan konektivitas antar-wilayah dalam rangka melancarkan distribusi logistik.

"Konektivitas yang semakin lancar akan mengurangi biaya angkut kendaraan logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," terang Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Sabtu (14/08/2021).

Sementara itu, Plt Kepala Balai Pelaksana Jalan (BPJN) Sumatera Barat Syachputra Ghani mengatakan, pembangunan ruas jalan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Baca juga: Akses Jalan Menuju Kuta Beach Park di The Mandalika Selesai September

Beberapa segmen dikerjakan dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sedangkan pemerintah pusat menggelontorkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) untuk menangani jalan sepanjang 23 kilometer secara bertahap.

"Tahun 2021, pekerjaan yang kita lakukan di ruas ini adalah membangun jalan sepanjang 9,6 kilometer, sedangkan sisanya akan dikerjakan bertahap pada tahun-tahun berikutnya," jelas Ghani.

Hingga kini, progres konstruksi Jalan Akes Pelabuhan Teluk Tapang-Bunga Tanjung telah mencapai 50 persen.

Dia optimistis, akhir tahun ini bisa rampung karena pekerjaan-pekerjaan berat sudah dilewati dan hanya menyisakan pengaspalan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.