Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Tol Ciawi-Sukabumi, Alternatif Menuju Situ Gunung dan Pelabuhan Ratu

Kompas.com - 14/08/2021, 10:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Ciawi-Sukabumi dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin pergi ke kawasan Situ Gunung di kaki Gunung Gede Pangrango dan Pelabuhan Ratu.

"Selain mempermudah akses ke area rekreasi, akses menuju beberapa wilayah seperti Pelabuhan Ratu pun semakin mudah," terang Direktur Utama PT Trans Jabar Tol (TJT) Anjar Kuswijanarko dalam keterangan tertulis, Jumat (13/08/2021).

Dengan kemudahan akses ini, dia berharap dapat membuka pintu masuknya investasi ke daerah Sukabumi dan sekitarnya agar perekonomian penduduk sekitar dapat meningkat.

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com edisi Sabtu (14/08/2021).

Lantas, mana ruas Tol Ciawi-Sukabumi yang sudah beroperasi?

Temukan jawabannya di sini Jalan-jalan ke Situ Gunung dan Pelabuhan Ratu Bisa Lewat Tol Ciawi-Sukabumi

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil memastikan, pengadaan tanah Tol Binjai-Langsa tidak mengalami kendala.

Sofyan optimistis, pihaknya dapat menyelesaikan pengadaan tanah ruas tol tersebut sesuai dengan harapan.

“Kita yakin akan mampu menyelesaikan sesuai dengan harapan, tidak ada permasalahan. Pembangunan dimulai dari Binjai, mudah-mudahan 2023-2024 sampai ke Langsa," ujar Sofyan dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Jumat (13/08/2021).

Sofyan mengatakan, Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sumatra Utara dan Pemerintah Daerah (Pemda) berupaya mempercepat proses pengadaan tanah Tol Binjai-Langsa. 

Apa manfaat dari kehadiran tol ini?

Selanjutnya baca di sini Sofyan Djalil Pastikan Pengadaan Tanah Tol Binjai-Langsa Berjalan Mulus

Kemacetan di dua pelabuhan peti kemas tebesar di China kian memburuk setelah terjadi penutupan terminal peti kemas di Ningbo lantaran dijumpainya kasus Covid-19.

Dua pelabuhan peti kemas tersebut berada di Shanghai dan Ningbo.

Mengutip Reuters, kasus tersebut ditemukan dalam pekan ini dan membuat otoritas setempat menerapkan pembatasan wilayah yang lebih ketat.

Upaya pembatasan wilayah ini dilakukan untuk memerangi wabah virus corona varian Delta yang telah menyebar di China dan berpengaruh pada kondisi ekonomi setempat.

Ulasan selengkapnya baca di sini Kasus Covid-19 Terdeteksi, Pelabuhan Peti Kemas di China Macet

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com