Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan ke Situ Gunung dan Pelabuhan Ratu Bisa Lewat Tol Ciawi-Sukabumi

Kompas.com - 13/08/2021, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Tol Ciawi-Sukabumi dinilai berperan signifikan dalam meingkatkan pariwisata lokal, salah satunya Kawasan Situ Gunung di kaki Gunung Gede Pangrango dan Pelabuhan Ratu.

Direktur Utama PT Trans Jabar Tol (TJT) Anjar Kuswijanarko mengatakan hal ini dalam keterangan tertulis, Jumat (13/08/2021).

"Selain mempermudah akses ke area rekreasi, akses menuju beberapa wilayah seperti Pelabuhan Ratu pun semakin mudah," terang Anjar.

Dengan kemudahan akses ini, dia berharap dapat membuka pintu masuknya investasi ke daerah Sukabumi dan sekitarnya agar perekonomian penduduk sekitar dapat meningkat.

Saat ini, ruas yang menghubungkan Bogor, Ciawi, hingga Sukabumi ini telah beroperasi sepanjang 15 kilometer, tepatnya Seksi I Ciawi-Cigombong.

Lalu, Seksi II Cigombong-Cibadak sedang dalam tahap konstruksi sepanjang 11,9 kilometer dengan target penyelesaian akhir tahun 2021.

Baca juga: Akhir 2021 Tol Cigombong-Cibadak Tuntas, Bogor-Sukabumi Bisa Lebih Cepat 2 Jam

Sementara itu, Seksi III dan IV sedang dalam proses pembebasan lahan.

Tuntasnya konstruksi Seksi II Cigombong-Cibadak diprediksi dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Sukabumi hingga dua jam.

Demi menjaga kualitas pengelolaan dan pelayanan, TJT berupaya melakukan pengecekan
secara berkala.

Beberapa upaya pengelolaan jalan tol ini seperti pelaksanaan scrapping, tack coat, dan pengaspalan.

Lalu, kelengkapan dan kondisi rambu-rambu dan reflektor di sekitar jalan tol juga dilakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengguna jalan selama berkendara.

Selain itu, dilakukan pemotongan rumput di area sekitar jalan tol secara rutin untuk menjaga kerapihan dan keindahan.

Anjar mengatakan, TJT selalu berupaya penuh untuk menjaga kualitas Standar Pelayanan Minimal (SPM) kepada para pengguna jalan tol tersebut.

“Kami percaya, pemenuhan SPM yang baik akan secara langsung berdampak positif kepada tingkat keamanan dan keselamatan pengguna jalan," ucap dia.

Menurutnya, kualitas pelayanan jalan tol yang baik juga dapat menjaga tingkat pengembalian investasi pemegang saham perseroan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com