Jalan-jalan ke Situ Gunung dan Pelabuhan Ratu Bisa Lewat Tol Ciawi-Sukabumi

Kompas.com - 13/08/2021, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Tol Ciawi-Sukabumi dinilai berperan signifikan dalam meingkatkan pariwisata lokal, salah satunya Kawasan Situ Gunung di kaki Gunung Gede Pangrango dan Pelabuhan Ratu.

Direktur Utama PT Trans Jabar Tol (TJT) Anjar Kuswijanarko mengatakan hal ini dalam keterangan tertulis, Jumat (13/08/2021).

"Selain mempermudah akses ke area rekreasi, akses menuju beberapa wilayah seperti Pelabuhan Ratu pun semakin mudah," terang Anjar.

Dengan kemudahan akses ini, dia berharap dapat membuka pintu masuknya investasi ke daerah Sukabumi dan sekitarnya agar perekonomian penduduk sekitar dapat meningkat.

Saat ini, ruas yang menghubungkan Bogor, Ciawi, hingga Sukabumi ini telah beroperasi sepanjang 15 kilometer, tepatnya Seksi I Ciawi-Cigombong.

Lalu, Seksi II Cigombong-Cibadak sedang dalam tahap konstruksi sepanjang 11,9 kilometer dengan target penyelesaian akhir tahun 2021.

Baca juga: Akhir 2021 Tol Cigombong-Cibadak Tuntas, Bogor-Sukabumi Bisa Lebih Cepat 2 Jam

Sementara itu, Seksi III dan IV sedang dalam proses pembebasan lahan.

Tuntasnya konstruksi Seksi II Cigombong-Cibadak diprediksi dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Sukabumi hingga dua jam.

Demi menjaga kualitas pengelolaan dan pelayanan, TJT berupaya melakukan pengecekan
secara berkala.

Beberapa upaya pengelolaan jalan tol ini seperti pelaksanaan scrapping, tack coat, dan pengaspalan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.