Kompas.com - 12/08/2021, 20:30 WIB
Bendungan Tiga Dihaji, Provinsi Sumatera Selatan. Dok. Kementerian PUPR.Bendungan Tiga Dihaji, Provinsi Sumatera Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi bendungan pertama di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yaitu Tiga Dihaji telah mencapai 22,5 persen.

Pembangunan bendungan ini dilakukan demi mencapai target visium tahun 2030 yaitu rasio tampungan terhadap jumlah penduduk mencapai 120 meter kubik per kapita per tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, potensi air di Indonesia cukup tinggi atau sebesar 2,7 triliun meter kubik per tahun.

Dari volume tersebut, air yang bisa dimanfaatkan sebesar 691 miliar meter kubik per tahun. 

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Air Baku di Bali, Bendungan Sidan Rampung 2023

Namun, sekitar 222 miliar meter [er kubik per tahun dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti kebutuhan rumah tangga, peternakan, perikanan, dan irigasi.

“Dengan potensi tersebut, keberadaannya tidak merata dalam dimensi ruang dan waktu. Sehingga, kita membutuhkan tampungan-tampungan air baru," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (12/08/2021).

Pada musim hujan, imbuhnya, air akan ditampung dalam bendungan dan dimanfaatkan pada musim kemarau.

Bendungan Tiga Dihaji nantinya akan menambah kapasitas Daerah Irigasi (DI) Komering untuk lahan pertanian seluas 18.219 hektar.

Dengan begitu, hasil pertanian dari Provinsi Sumsel akan terus terjaga sepanjang tahun, karena mendapat aliran air yang baik dari bendungan ini.

Salah satu tujuan utama pembangunan Bendungan Tiga Dihaji ini adalah menjaga kestabilan suplai air DI Komering saat musim kemarau yang selama ini hanya mengandalkan Sungai Komering.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.