Kompas.com - 12/08/2021, 11:00 WIB
Progres konstruksi Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Dok. Kementerian PUPR.Progres konstruksi Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk memperoleh laba bersih sebesar Rp 33,4 miliar sepanjang Semester I tahun 2021.

President Director Waskita Destiawan Soewardjono berpedapat, capaian tersebut merupakan perbaikan sangat signifikan jika dibandingkan dengan rugi bersih yang dicatatkan perseroan sepanjang tahun 2020. 

Menurutnya, perbaikan kinerja ini merupakan hasil dari strategi bisnis yang komprehensif dengan tidak hanya berorientasi pada profit, namun juga mendukung pembangunan nasional.

“Pencapaian laba bersih didukung oleh keuntungan dari divestasi tol pada Triwulan II," kata Destiawan dalam keterangan tertulis, Kamis (12/08/2021).

Dia melanjutkan, Waskita merupakan pengembang jalan tol dengan model bisnis recycling asset.

Sehingga, perseroan tidak hanya dapat membangun jalan tol baru yang bermanfaat bagi masyarakat, tapi juga mampu mencatatkan laba melalui pelepasan saham badan usaha jalan tol (BUJT).

Baca juga: Waskita Garap Infrastruktur Kawasan Suci Pura Besakih Bali

Selama Januari hingga Juni 2021, Waskita membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 4,7
triliun dengan laba kotor Rp 172,9 miliar.

Total aset perseroan tercatat sebesar Rp 105,3 triluun, liabilitas Rp 89,7 triliun, serta
ekuitas Rp 15,6 triliun.

Saat situasi Pandemi Covid-19 yang penuh ketidakpastian ini, arus kas bersih dari aktivitas operasi positif perseroan tercatat sebesar Rp 673 miliar.

Selain itu, Waskita juga membukukan arus kas aktivitas investasi sebesar Rp1,7 triliun dan arus kas aktivitas pendanaan sebesar Rp 34,2 miliar.

Per 30 Juni 2021, perseroan berhasil meraih nilai kontrak baru sebesar Rp 3,1 triliun didominasi dari proyek Pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebesar 65 persen.

Sementara sisanya berasal dari proyek swasta dan pengembangan bisnis.

Beberapa kontrak yang dimenangkan Waskita antara lain pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo, Pasar Baru Trade Center Bandung, Kampus UIII tahap III, serta penataan Kawasan Pura Besakih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.