Kompas.com - 10/08/2021, 12:30 WIB
Indonesia One, South and North Tower Acset IndonusaIndonesia One, South and North Tower

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Media Group (MG) Mohammad Mirdal Akib mengatakan pembangunan Indonesia 1 di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, seharusnya dapat selesai 1,5 tahun lagi.

Menurutnya, anak usaha MG yaitu PT Media Property Indonesia (MPI) yang menjadi bagian dari PT China Sonangol Media Investment (CSMI) juga telah berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh kewajibannya dalam proyek tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi kami sudah miliki business plan bersama untuk menyelesaikan seluruh kewajiban dan ini sebentar lagi mestinya selesai. Satu setengah tahun lagi proyek ini sudah selesai karena sudah 70 persen," kata Mirdal dalam konferensi pers secara virtual, Senin (09/08/2021).

Baca juga: 7 Sebab China Sonangol Dilaporkan ke Polisi Terkait Sengketa Indonesia 1

Hanya, Mirdal menjelaskan penyelesaian pembangunan Indonesia 1 terkendala pandemi Covid-19 yang memaksa sejumlah karyawan utama dari China Sonangol ditarik pulang, hingga akhirnya macet.

Selain itu, konflik internal CSMI antara PT MPI dengan PT China Sonangol Real Estate Pte Ltd (CSRE) yang merupakan anak usaha China Sonangol Group (CS), ikut berkontribusi terhadap setopnya proyek ini.

CSMI dituding mengingkari perjanjian komitmen pembagian saham 30 persen kepada MPI. Padahal, pembagian saham ini telah disepakati di awal sejak tahap perencanaan pembangunan.

"Dari sinilah semuanya mulai terkatung-katung. Semangat persahabatan yang dibangun sejak awal sama sekali tak dianggap oleh manajemen baru CSMI," ujarnya.

Komitmen yang semula 30 persen, tiba-tiba turun menjadi 10 persen, dan kemudian terus menyusut menjadi hanya satu persen.

Baca juga: Masalah Proyek Indonesia 1, Mulai Terlilit Utang hingga Sengketa Saham

Mirdal mengaku, pihaknya sama sekali tidak pernah dilibatkan dalam setiap aksi korporasi pengambilan keputusan dan kebijakan perusahaan terutama terkait perubahan komitmen saham.

Indonesia One North TowerChina Sonangol Indonesia One North Tower
"Kami pun masih menunggu, kalau ada perubahaan seperti itu kan harus ada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), pemberitahuan kepada kami sebagai pemegang saham," jelas Mirdal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.