Kompas.com - 09/08/2021, 11:30 WIB
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Sei Pancang, Kalimantan Utara yang sementara dibangun oleh Kementrian PUPR. Pembangunan konstruksinya ditargetkan selesai pada Desember 2021. Kementrian PUPRPos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Sei Pancang, Kalimantan Utara yang sementara dibangun oleh Kementrian PUPR. Pembangunan konstruksinya ditargetkan selesai pada Desember 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) menargetkan sertifikasi sebanyak 90.000 badan usaha konstruksi tahun ini.

"Target kami tahun 2021 ini adalah sebanyak 90.000 Sertifikasi Badan Usaha (SBU) konstruksi," kata Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Taufik Widjoyono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga 5 Agustus 2021, LPJK telah mengeluarkan sebanyak 12.229 sertifikat untuk badan usaha konstruksi.

Dengan realisasi tersebut, artinya tersisa sebanyak 77.771 BSU dari target yang ditetapkan dan masih akan dilakukan sertifikasi hingga akhir tahun.

Baca juga: Baru 29.964 Tenaga Kerja Konstruksi Kantongi Sertifikat

SBU dilakukan untuk mendorong kinerja konstruksi di Indonesia.

SBU juga membuktikan bahwa suatu perusahaan mampu melaksanakan pekerjaan pengadaan barang dan jasa konstruksi sesuai dengan klasifikasi bidang.

"Tujuan SBU sendiri adalah agar pelaksanaan barang dan jasa, pelayanan perizinan usaha jasa konstruksi lebih tertib administrasi," imbuh Taufik.

Menurut Taufik, LPJK terus berupaya meggenjot sertifikasi badan usaha tersebut.

Terlebih dengan tren pertumbuhan sektor konstruksi pada Kuartal II-2021 ini yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 4,42 persen.

Pertumbuhan sektor konstruksi ini berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 7,07 persen Kuartal II-2021.

Baca juga: Maksimalkan Produk Dalam Negeri, LPJK Dorong Supplier Konstruksi Manfaatkan Data

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.