Kompas.com - 08/08/2021, 12:26 WIB
Kementerian PUPR Siapkan Kapasitas 8.800 Tempat Tidur di 33 Lokasi Kementerian PUPR Siapkan Kapasitas 8.800 Tempat Tidur di 33 Lokasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai langkah antisipatif untuk mengurangi dampak fatal dari Virus Covid-19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan rumah sakit (RS) darurat dan tempat isolasi di 33 lokasi.

Tersebar di Ibu Kota Jakarta, Bandung, D.I. Yogyakarta, Semarang, Solo Raya, Surabaya, Bali, Medan, dan Lampung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dukungan fasilitas kesehatan tersebut diharapkan menambah kapasitas daya tampung pasien Covid-19 sebanyak 2.811 bed rumah sakit dan 5.989 bed isolasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sesuai dengan tugas yang diberikan oleh Pemerintah, Kementerian PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit.

"Contohnya Asrama Haji di Pondok Gede yang terdiri dari lima gedung yang telah diubah menjadi Rumah Sakit Darurat untuk penanganan Covid-19 dengan total hampir 900 tempat tidur, termasuk untuk menampung tenaga kesehatan," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (8/8/2021).

Baca juga: 5 Agustus, Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di RS Sardjito Siap Digunakan

Penanganan Gedung Asrama Haji Pondok Gede yang dimanfaatkan sebagai rumah sakit Covid-19 telah selesai sejak pertengahan Juni 2021 dengan total kapasitas 887 tempat tidur di ruang perawatan maupun isolasi beserta 36 tempat tidur "High Care Unit (HCU)".

Bangunan yang selesai dikonversi menjadi Rumah Sakit Darurat adalah Gedung A, Gedung B, Gedung C, Gedung H, dan Gedung D5, termasuk sarana pendukung lingkungan.

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, di Jakarta juga disiapkan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput yang terletak di Manggarai, Jakarta Selatan, memiliki kapasitas 1.659 tempat tidur.

Kemudian Rusun Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara sebanyak 3.756 tempat, dan Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 731 tempat tidur (masih memungkinkan bertambah jika diperlukan).

Selanjutnya Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (PKIA) Kiara di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang sudah selesai pengerjaannya pada 6 Agustus 2021, memiliki kapasita 288 tempat tidur di ruang perawatan, 38 Neonatal Intensive Care Unit (NICU), 8 Intensive Care Unit (ICU), 23 HCU, dan 2 ruang operasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.