Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Siapkan 8.800 Tempat Tidur Baru untuk Pasien Covid-19

Kompas.com - 08/08/2021, 12:26 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai langkah antisipatif untuk mengurangi dampak fatal dari Virus Covid-19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan rumah sakit (RS) darurat dan tempat isolasi di 33 lokasi.

Tersebar di Ibu Kota Jakarta, Bandung, D.I. Yogyakarta, Semarang, Solo Raya, Surabaya, Bali, Medan, dan Lampung.

Dukungan fasilitas kesehatan tersebut diharapkan menambah kapasitas daya tampung pasien Covid-19 sebanyak 2.811 bed rumah sakit dan 5.989 bed isolasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sesuai dengan tugas yang diberikan oleh Pemerintah, Kementerian PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit.

"Contohnya Asrama Haji di Pondok Gede yang terdiri dari lima gedung yang telah diubah menjadi Rumah Sakit Darurat untuk penanganan Covid-19 dengan total hampir 900 tempat tidur, termasuk untuk menampung tenaga kesehatan," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (8/8/2021).

Baca juga: 5 Agustus, Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di RS Sardjito Siap Digunakan

Penanganan Gedung Asrama Haji Pondok Gede yang dimanfaatkan sebagai rumah sakit Covid-19 telah selesai sejak pertengahan Juni 2021 dengan total kapasitas 887 tempat tidur di ruang perawatan maupun isolasi beserta 36 tempat tidur "High Care Unit (HCU)".

Bangunan yang selesai dikonversi menjadi Rumah Sakit Darurat adalah Gedung A, Gedung B, Gedung C, Gedung H, dan Gedung D5, termasuk sarana pendukung lingkungan.

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, di Jakarta juga disiapkan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput yang terletak di Manggarai, Jakarta Selatan, memiliki kapasitas 1.659 tempat tidur.

Kemudian Rusun Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara sebanyak 3.756 tempat, dan Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 731 tempat tidur (masih memungkinkan bertambah jika diperlukan).

Selanjutnya Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (PKIA) Kiara di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang sudah selesai pengerjaannya pada 6 Agustus 2021, memiliki kapasita 288 tempat tidur di ruang perawatan, 38 Neonatal Intensive Care Unit (NICU), 8 Intensive Care Unit (ICU), 23 HCU, dan 2 ruang operasi.

Tempat Tidur Pasien Covid-19 Tempat Tidur Pasien Covid-19
Berikutnya di Bandung,  terdapat 7 rumah sakit yang dimanfaatkan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, yakni RS Pindad berkapasitas 10 bed ICU, RSUD Al Ihsan berkapasitas 30 bed ICU, RSUD Majalaya berkapasitas 6 bed ICU, dan RSUD Cikalong Wetan berkapasitas 12 bed ICU.

Selanjutnya RSUD Lembang berkapasitas 4 bed ICU, RSP Dr H. A. Rotinsulu berkapasitas 3 bed ICU, dan RSUD Cililin berkapasitas 4 bed ICU. Seluruh rumah sakit tersebut selesai antara 27 Juli-1 Agustus 2021.

Di wilayah D.I Yogyakarta terdapat 10 lokasi, di mana sebanyak 8 di antaranya telah rampung penanganan yakni RS Sardjito 62 tempat tidur di ruang ICU, 2 ruang Hemodialisa, 1 ruang ECMO, RSPAU Hardjolukito berupa sarana pendukung.

Kemudian, Rusun Unevistas Gadjah Mada sebanyak 86 tempat tidur, Rusun Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 86 tempat tidur, Rusun ASN Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak sebanyak 136 bed, dan RS Lapangan Bantul (19 bed perawatan dan 12 bed HCU).

Selanjutnya, RSUD Panembahan Senopati (16 bed ICU), dan RS PKU Muhammadiyah Bantul sebanyak 6 tempat tidur di ruang IGD. Sisanya 2 RS Darurat Covid-19 ditargetkan selesai 8 Agustus 2021 yakni Hotel Mutiara 1 berkapasitas 67 tempat tidur dan Hotel Mutiara 2 sebanyak 112 tempat tidur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com