Kompas.com - 06/08/2021, 07:00 WIB
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (IDP) saat melakukan uji fungsi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Dodolo, Kecamatan Rampi pada Jumat (18/6/2021). DOK. Humas Pemerintah Daerah Luwu UtaraBupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (IDP) saat melakukan uji fungsi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Dodolo, Kecamatan Rampi pada Jumat (18/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah berupaya mewujudkan akses air minum dan sanitasi layak bagi masyarakat Indonesia.

Upaya ini dilakukan melalui program nasional bertajuk Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan
air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah perdesaan.

Ini merupakan bagian dari program Padat Karya Tunai (PKT) Kementerian PUPR yang dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku pembangunan.

Baca juga: Perempuan Punya Peran Penting di Bidang Sanitasi

Ini terutama bagi infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

"Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa/pelosok," kata Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (05/08/2021).

Pelaksanaan program tersebut terdiri dari sembilan prinsip yaitu tanggap kebutuhan, partisipatif, kesetaraan gender, keperpihakan pada masyarakat miskin, dan akses bagi seluruh masyarakat.

Kemudian, keberlanjutan, perlindungan pada anak, berbasis nilai, serta transparansi dan akuntabilitas.

Ada tiga pendekatan dalam menjalankan program Pamsimas. Pertama, kolaborasi antar Kementerian/Lembaga (K/L) berbasis Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi).

Artinya, Pamsimas merupakan program bersama antara Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.