Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ringankan Beban Utang, Pengembang China Jual Saham Rp 6 Triliun

Kompas.com - 04/08/2021, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang China, Evergrande Group, dikabarkan setuju untuk menjual saham di perusahaan investasi berbasis internet HengTen Networks Group.

Saham yang nantinya akan dijual oleh Evergrande bernilai total 3,25 miliar dolarHong Kong atau setara Rp 5,98 triliun.

Seperti dikutip dari The Business Times, kekhawatiran atas pertambahan utang dan potensi risiko keuangan sistemik semakin meningkat setelah Evergrande belum akan membayar beberapa surat berharga tepat waktu.

Memang saat itu, pihak Evergrande mengatakan sedang mengatur pembayaran namun belum ada pelunasan.

Baca juga: Terlilit Utang, Raksasa Properti China Tak Umumkan Dividen

Untuk mengurangi tekanan kabar buruk yang membuat bisnis perusahaan kian terpuruk, Evergrande akan menjual 7 persen sahamnya dengan harga 3,20 dolar Hong Kong (Rp 5.895) per saham kepada Tencent Holdings seharga 2,07 miliar dolar Hong Kong (Rp 4,97 triliun).

Sementara 4 persen saham lainnya kepada pembeli tak dikenal seharga 1,18 miliar dolar Hong Kong (Rp 2,1 triliun). Penawaran ini tidak memberikan batas waktu agar saham tersebut dapat terjual.

Sebelum transaksi, Evergrande memegang 37,55 persen saham, sementara Tencent dengan porsi 16,9 persen.

Nantinya, saham Evergrande akan turun menjadi 26,55 persen dan kepemilikan Tencent  meningkat menjadi 23,9 persen setelah penjualan resmi dilakukan.

Evergrande setuju untuk memberikan pinjaman lima tahun sebesar 2,07 miliar dolar Hong Kong kepada HengTen untuk mendukung pengembangan bisnisnya.

Saham Evergrande turun sebanyak 9,1 persen di lantai bursa Hong Kong pada Selasa (27/07/2021).

Saham mereka bahkan telah turun 59 persen tahun ini. Hal ini juga turut berpengaruh pada penurunan nilai obligasi milik Evergrande.

Evergrande Group adalah salah satu perusahaan yang ditentang pemerintah China karena berusaha untuk menyembunyikan masalah utang mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com