Kini, PNS Bisa Cek Saldo Tapera secara Online Lewat Situs Sitara

Kompas.com - 03/08/2021, 12:00 WIB
Tapera KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoTapera

JAKARTA, KOMPAS.com - Peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) kini dapat menggunakan layanan cek saldo melalui portal kepesertaan Sitara yakni peserta.tapera.go.id

Para peserta yang dapat mengecek saldo ini merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) berstatus aktif pada Agustus 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PNS yang ditetapkan menjadi peserta Tapera adalah mereka yang tercatat aktif sebagai pegawai di Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Hal ini disesuaikan dengan hasil verifikasi data oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diterima Badan Pengelola (BP) Tapera.

Layanan cek saldo tersebut ditandai dengan beralihnya data dan dana Tapera bagi 3,9 juta PNS peserta Badan Penyelenggara Tabungan Perumahan (Bapertarum) kepada BP Tapera.

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, dengan layanan pengecekan saldo ini, dana peserta yang dikelola BP Tapera dapat dilihat secara transparan oleh peserta setiap saat.

Baca juga: BP Tapera Gandeng KSEI dan BRI Kelola Dana Perumahan Rp 8,05 Triliun

"Mulai sekarang, saya mempersilakan peserta untuk segera melakukan cek saldo sekaligus melakukan update (pemutakhiran) data kepesertaannya," tegas Adi dalam konferensi pers virtual, Selasa (03/08/2021).

Menurutnya, pemutakhiran data ini sangat penting bagi peserta untuk menentukan prinsip pengelolaan dana konvensional atau syariah, minat pembiayaan, dan rekening bank untuk pencairan tabungan saat pensiun nanti.

Agar pengelolaan dana peserta agar aman dan transparan, BP Tapera bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI atau dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI.

Dalam kerja sama tersebut, BRI berperan sebagai bank kustodian dan KSEI melakukan pengadiministrasian atas dana peserta secara individual.

Saldo awal peserta Tapera ini dikelola mulai efektif 14 Juni 2021 dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) sebesar Rp 1.000.

Ketentuan ini sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera.

Adi mengungkapkan, NAB ini akan terus meningkat sesuai dengan hasil pengembangan investasi melalui instrumen keuangan yang aman seperti obligasi pemerintah dan deposito perbankan, baik konvensional maupun syariah.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.