Kompas.com - 02/08/2021, 15:00 WIB
 Ciputra International, Tower San Fransisco Ciputra International Ciputra International, Tower San Fransisco

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah memperpanjang kebijakan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditangung Pemerintah (PPN DTP) untk sektor properti hingga akhir tahun 2021.

Sebelumnya kebijakan PPN DTP ini diberikan hanya dalam kurun waktu enam bulan yaitu periode Maret hingga Agustus 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah memberikan stimulus PPN DTP 100 persen atas penyerahan rumah tapak atau rusun baru dengan harga jual paling tinggi Rp 2 miliar, serta 50 persen untuk penyerahan rumah tapak dan rusun dengan harga jual di atas Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar.

Selain PPN DTP 100 Persen, terdapat juga relaksasi Loan to Value (LTV) yang memungkinkan seseorang bisa mendapatkan kredit pemilikan rumah (KPR) dengan uang muka (DP) 0 persen.

Baca juga: Dampak Diskon PPN, Penjualan Properti Tembus Rp 200 Triliun

Dengan adanya kebijakan tersebut, sejumlah pengamat dan pengembang properti menilai konsumen yang membeli hunian tahun ini akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga normal.

General Manager Marketing Ciputra Group Andreas Raditya mengatakan, kebijakan stimulus di tengah pandemi Covid-19 untuk sektor properti ini memang didorong untuk menarik konsumen.

"Karena kondisi pandemi yang masih berlanjut ini berdampak pada menurunnya kinerja penjualan di sektor properti secara umum," kata Andreas dalam keterangan tertulis, Senin (02/08/2021).

Andreas menerangkan ada lima keuntungan yang akan didapatkan konsumen ketika membeli hunian tahun ini yaitu:

Pertama, konsumen yang akan membeli properti atau hunian tahun ini akan mendapatkan keuntungan berupa potongan PPN 10 persen, artinya jika dibanding ekonomi normal konsumen sudah untung 10 persen.

Kedua, dari sisi perbankan, suku bunga yang diberikan sangat rendah, berkisar 5 persen sampai 6 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.