Bantu Atasi Covid-19, PP Gelar Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Kompas.com - 31/07/2021, 16:00 WIB
Donor darah dan plasma konvalesen oleh PT PP (Persero) Tbk. Dok. PT PP (Persero) Tbk.Donor darah dan plasma konvalesen oleh PT PP (Persero) Tbk.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PP (Persero) Tbk melaksanakan kegiatan donor darah dan plasma konvalesen selama dua hari mulai Kamis (29/07/2021) hingga Jumat (30/07/2021) di Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sekretaris Perusahaan PP Yuyus Juarsa mengatakan, ini merupakan upaya perseroan guna mendukung dan membantu Pemerintah dalam mengatasi Pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam kegiatan ini, PP melalui Tim Satgas Penanganan Covid-19 Perusahaan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Unit Donor Darah DKI Jakarta," ujar Yuyus dalam siaran pers, Sabtu (31/07/2021).

Kegiatan donor darah merah dan plasma konvalesen digelar dengan menerapkan protokol  kesehatan Covid-19 secara ketat.

Setidaknya, ada 46 orang penyintas Covid-19 yang berasal dari pegawai, pekerja, dan pemilik Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru yang melakukan screening donor plasma konvalesen tersebut untuk membantu sesama.

Baca juga: 4 Hari, Waskita Gelar Vaksinasi Massal di Kelurahan Cipinang Cempedak

Untuk diketahui, plasma konvalesen merupakan plasma darah diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan diproses sebelum diberikan kepada pasien atau penderita.

Jadi, donor plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien atau pederita lain yang belum sembuh dari Covid-19.

Menurut Yusus, adanya donor plasma konvalesen ini dapat menyelamatkan jiwa manusia serta membantu Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Dia mengatakan, kegiatan itu juga salah satu upaya perusahaan dalam memberikan dukungan kepada masyarakat yang tengah berjuang melawan infeksi Covid-19.

Kegiatan donor plasma konvalesen ini merupakan kegiatan donor pertama yang diselenggarakan perusahaan sebagai salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PTPP Ke-68 pada Agustus mendatang. 

Sementara Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nurlistyo Hadi mengatakan, PP juga sudah merencanakan kegiatan donor lain yang akan dilaksanakan di kantor Pusat maupun di daerah wilayah kerja perusahaan.

"Kami berharap, kegiatan yang saat ini sedang dilaksanakan di Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru dapat dijadikan contoh untuk pelaksanaan di tempat-tempat lainnya," tutur Hadi.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini secara rutin ke depannya, perseroan berharap dapat membantu memenuhi stok kebutuhan plasma konvalesen.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.