Sabtu Ini, Tol Cibitung-Cilincing Segmen I Beroperasi Gratis

Kompas.com - 31/07/2021, 12:04 WIB
Pengoperasian Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 Segmen Cibitung-Interchange (IC) Telaga Asih. Dok. PT Waskita Toll Road (WTR).Pengoperasian Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 Segmen Cibitung-Interchange (IC) Telaga Asih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 Segmen Cibitung-Interchange (IC) Telaga Asih mulai beroperasi, Sabtu (31/07/2021).

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 837/KPTS/M/2021 yang telah telah memenuhi persyaratan layak fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ruas jalan tol sepanjang 2,65 kilometer ini dioperasikan tanpa tarif selama 8 hari atau mulai Sabtu (31/7/2021) hingga Sabtu (07/8/2021).

Tahap selanjutnya adalah pengoperasian tarif yang rencananya berlaku pada Minggu (08/7/2021).

Besaran tarif tol dan golongan jenis kendaraan bermotor telah ditetapkan dalam SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 838/KPTS/M/2021.

Direktur Utama dari PT Waskita Toll Road (WTR) Septiawan Andri Purwanto mengatakan, pengoperasian Segmen Junction Cibitung-IC Telaga Asih ini merupakan sebagian kecil dari ruas Cibitung-Tanjung Priok sepanjang 34,76 kilometer.

"Tol ini merupakan ruas penting dari Jaringan Outer Ring Road (JORR) II yang menghubungkan wilayah Barat Jakarta sampai Timur Jakarta," terang Septiawan, Sabtu (31/07/2021).

Baca juga: Sebentar Lagi, Tol Cibitung-Gabus Indah Bisa Dilintasi

Ini juga menjadi ruas penting yang dapat memberikan alternatif percepatan distribusi logistik barang.

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) Thorry Hendrarto mengatakan, beroperasinya segmen pertama di ruas tol Cibitung-Tanjung Priok merupakan perwujudan dari komitmen perusahaan dalam penyelesaian pembangunan tol meski dalam kondisi Pandemi Covid-19.

"Dan target kami penyelesaian seluruh pembangunan ruas tol pada Triwulan I atau maksimal Semester I Tahun 2022," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.