Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu Ini, Tol Cibitung-Cilincing Segmen I Beroperasi Gratis

Kompas.com - 31/07/2021, 12:04 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 Segmen Cibitung-Interchange (IC) Telaga Asih mulai beroperasi, Sabtu (31/07/2021).

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 837/KPTS/M/2021 yang telah telah memenuhi persyaratan layak fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi.

Ruas jalan tol sepanjang 2,65 kilometer ini dioperasikan tanpa tarif selama 8 hari atau mulai Sabtu (31/7/2021) hingga Sabtu (07/8/2021).

Tahap selanjutnya adalah pengoperasian tarif yang rencananya berlaku pada Minggu (08/7/2021).

Besaran tarif tol dan golongan jenis kendaraan bermotor telah ditetapkan dalam SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 838/KPTS/M/2021.

Direktur Utama dari PT Waskita Toll Road (WTR) Septiawan Andri Purwanto mengatakan, pengoperasian Segmen Junction Cibitung-IC Telaga Asih ini merupakan sebagian kecil dari ruas Cibitung-Tanjung Priok sepanjang 34,76 kilometer.

"Tol ini merupakan ruas penting dari Jaringan Outer Ring Road (JORR) II yang menghubungkan wilayah Barat Jakarta sampai Timur Jakarta," terang Septiawan, Sabtu (31/07/2021).

Baca juga: Sebentar Lagi, Tol Cibitung-Gabus Indah Bisa Dilintasi

Ini juga menjadi ruas penting yang dapat memberikan alternatif percepatan distribusi logistik barang.

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) Thorry Hendrarto mengatakan, beroperasinya segmen pertama di ruas tol Cibitung-Tanjung Priok merupakan perwujudan dari komitmen perusahaan dalam penyelesaian pembangunan tol meski dalam kondisi Pandemi Covid-19.

"Dan target kami penyelesaian seluruh pembangunan ruas tol pada Triwulan I atau maksimal Semester I Tahun 2022," katanya.

Segmen Junction Cibitung-IC Telaga Asih yang masuk dalam Kabupaten Bekasi menghubungkan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) di KM 24 dengan Jalan Nasional Teuku Umar (Pantura).

Seperti diketahui, saat ini kendaraan yang menuju Cibitung dari Tol Japek maupun sebaliknya hanya dapat melalui akses tol di Kawasan Industri MM2100.

Dengan demikian, kehadiran seksi tersebut dapat mengurai kepadatan lalu lintas (lalin) di akses tol Kawasan Industri MM2100, menghemat waktu tempuh, serta melancarkan mobilitas masyarakat serta arus barang dan jasa dari Tol Japek menuju Cibitung dan sekitarnya.

Ini juga sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat dan memudahkan para pelaku industri.

Tol Cibitung-Cilincing yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan panjang 34,76 kilometer yang merupakan bagian dari JORR II.

Tol ini terdiri atas 4 seksi yakni, Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih/Cibitung-Gabus Indah sepanjang 2,96 kilometer.

Kemudian, Seksi 2 Telaga Asih-Tembelang/Gabus Indah-Muara Bakti sepanjang 9,41 kilometer, Seksi 3 Tembelang-Mekarjaya/Muara Bakti-Kanal Banjir Timur sepanjang 13,09 kilometer.

Sementara itu, Seksi 4 Mekarjaya-Cilincing/Kanal Banjir Timur-Cilincing sepanjang 8,56 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com