Tingkatkan Konektivitas Tambak Udang Bumi Dipasena, Preservasi Jalintim Digenjot

Kompas.com - 30/07/2021, 11:00 WIB
Preservasi Lintas Timur Sumatera ruas Simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu di Provinsi Lampung. Dok. Kementerian PUPR.Preservasi Lintas Timur Sumatera ruas Simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu di Provinsi Lampung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan preservasi Lintas Timur Sumatera ruas Simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu di Provinsi Lampung.

Ini nantinya dapat meningkatkan konektivitas antara kawasan industri tambak udang di Tulangbawang dengan pusat perekonomian Kota Lampung hingga Pelabuhan Bakauheni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, konektivitas antarwilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien.

Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

Jalan akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan juga menjaga inflasi. Kalau jalan rusak, inflasi naik karena menyebabkan biaya logistik menjadi lebih mahal,” terang Basuki dalam siaran pers, Kamis (29/07/2021).

Preservasi ruas Simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu masuk dalam program prioritas paket pemeliharaan Jalan Lintas Timur Sumatera yang dibiayai dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Baca juga: Sah, Kontrak Preservasi Jalintim Riau Rp 585,3 Miliar Ditandatangani

Pembiayaan SBSN ini diprioritaskan untuk peningkatan kemantapan jalan lintas utama demi menguatkan daya saing bangsa dan mendukung Sistem Logistik Nasional (SISLOGNAS) yang memberikan dampak besar terhadap peningkatan ekonomi wilayah.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung Rien Marlia menyampaikan, peningkatan kualitas layanan ruas itu diharapkan dapat meningkatkan kembali produksi dari sentra udang Bumi Dipasena yang sempat booming pada tahun 1998 hingga awal 2000-an.

Preservasi Lintas Timur Sumatera ruas Simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu di Provinsi Lampung.Dok. Kementerian PUPR. Preservasi Lintas Timur Sumatera ruas Simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu di Provinsi Lampung.
"Kami berusaha untuk mendukung jalan menuju kawasan industri tambak udang tersebut,” tutur dia.

Preservasi ruas simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu telah dimulai sejak Tahun 2020 dan ditargetkan tuntas 2022.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.