BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kota Baru Parahyangan

Bahu-membahu Atasi Pandemi, Kota Baru Parahyangan Gelar Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 29/07/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 Dok. ShutterstockIlustrasi vaksin Covid-19

KOMPAS.com – Ancaman kesehatan dan ekonomi yang mengintai Indonesia selama pandemi Covid-19 meningkatkan kepedulian berbagai pihak untuk memutus mata rantai penyebaran infeksi virus corona.

Kepedulian tersebut diwujudkan melalui ragam aksi solidaritas sosial, salah satunya turut menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, vaksinasi merupakan salah satu cara untuk menanggulangi pandemi. Lewat vaksinasi, kekebalan kelompok atau herd immunity bisa dibentuk sehingga virus corona urung menginfeksi masyarakat.

Sekalipun masih bisa menginfeksi, penyuntikan vaksin dapat menurunkan kadar gejala Covid-19. Ini berarti, rumah sakit tidak akan terbebani dengan jumlah pasien Covid-19 bergejala sedang atau berat yang banyak.

Baca juga: Hidup Berdampingan dengan Pandemi, Ini Konsep Hunian yang Ideal di Era New Normal

Hingga Senin (26/7/2021), laman resmi Kementerian Kesehatan mencatat, jumlah masyarakat yang mendapatkan vaksin dosis kedua baru 18.129.878 orang atau 8,71 persen dari total penduduk Indonesia. Jumlah tersebut masih jauh dari target untuk bisa menciptakan kekebalan kelompok, yakni 70 persen penduduk tervaksinasi.

Peran swasta dalam program vaksinasi

Demi mempercepat hal tersebut, kalangan swasta dari berbagai sektor ikut tergerak menyelenggarakan vaksinasi. Salah satu yang ikut berperan adalah Lyman Property, developer yang memiliki portofolio Kota BNI di Jakarta dan Kota Baru Parahyangan (KBP) di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Sebagai mitra pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19, developer KBP menginisiasi program vaksinasi bagi seluruh warga KBP sesuai ketentuan usia yang ditetapkan pemerintah.

Forum Komunikasi Paguyuban Tatar (FKPT) KBP bekerja sama dengan Town Management KBP dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB).Dok. Kota Baru Parahyangan Forum Komunikasi Paguyuban Tatar (FKPT) KBP bekerja sama dengan Town Management KBP dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Direktur KBP Ryan Brasali mengatakan, vaksinasi tersebut bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 agar bisa segera mencapai kekebalan komunitas.

Baca juga: Diminati Selama Pandemi, Prospek Investasi di Sektor Properti Masih Cerah

“Hingga saat ini, sudah lebih dari 70 persen warga KBP telah menerima vaksin,” ujar Ryan dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (26/7/2021).

Dalam pelaksanaan vaksinasi massal, Forum Komunikasi Paguyuban Tatar (FKPT) KBP bekerja sama dengan Town Management KBP dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Masyarakat yang disasar pada program vaksinasi tersebut adalah warga KBP yang berusia di atas 18 tahun. Kegiatan vaksinasi ini berlangsung di The Hive Bumi Pancasona KBP, pada Jumat (2//7/2021) dan Sabtu (3/7/2021).

Untuk menyukseskan program tersebut, pihak Dinkes KBB menyiapkan sebanyak 2.000 dosis vaksin.

Baca juga: Lingkungan yang Nyaman Tentukan Kualitas Hidup, Berikut Ciri-cirinya

Tampak hadir pula Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19
bagi warga Kota Baru Parahyangan.
Dok. Kota Baru Parahyangan Tampak hadir pula Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga Kota Baru Parahyangan.

Vaksinasi kali ini adalah kegiatan vaksinasi yang kedua. Pada April 2021, telah dilakukan vaksinasi bagi 450 warga KBP yang berusia di atas 60 tahun atau lansia,” terang Ketua FKPT KBP Arfan Yanuarza.

Warga KBP menyambut program vaksinasi tersebut dengan antusias. Apresiasi pun disampaikan oleh salah satu warga KBP yang bertempat tinggal di Tatar Pitaloka, Eko Satrio Pramono.

“FKPT dan Town Management Kota Baru Parahyangan telah menginisiasi dan menyelenggarakan vaksinasi khusus warga KBP dengan sangat baik dan terorganisasi. Saya berharap, program ini kembali dilaksanakan dengan sasaran yang lebih luas. Dengan demikian, herd immunity di KBP dapat tercapai,” tuturnya.

Senada dengan Eko, warga Tatar Mayang Sunda, Sandi Baba Mixel, mengatakan, program vaksinasi KBP adalah salah satu ikhtiar untuk meminimalisasi risiko dan penyebaran Covid-19, khususnya di lingkungan KBP.

Baca juga: Mengintip Konsep Rumah Bernapas di Nayapati Residence Milik Kota Baru Parahyangan

“Terima kasih kepada warga yang telah berpartisipasi, juga kepada pengurus paguyuban Tatar, FKPT KBP, Town Management, dan Dinkes KBB yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini,” terangnya.

Sementara itu, warga Tatar Wangsekerta, Yurika Renindita, menilai, kolaborasi antara KBP dan Dinkes KBB terjalin dengan baik.

“Di lokasi vaksinasi, warga sangat teratur untuk antre. Panitia pun selalu mengarahkan warga dengan ramah, demikian pula para tenaga kesehatannya,” tutur Yurika.

Warga KBP mengikuti alur vaksinasi dengan teratur sesuai antrean dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Dok. Kota Baru Parahyangan Warga KBP mengikuti alur vaksinasi dengan teratur sesuai antrean dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Pada kesempatan yang sama, warga Tatar Mayang Sunda, Eny Sayekti, mengaku bersyukur menjadi penerima vaksin.

Baca juga: Mengenal Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas di Kawasan Residensial

Dengan mengikuti program vaksinasi yang digelar KBP, kata Eny, ia turut membantu pemerintah menyukseskan program nasional vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“FKPT, Town Management, dan Dinas KBB sudah memfasilitasi program vaksinasi dengan sangat baik. Tempatnya nyaman dengan ruang terbuka sehingga terhindar dari kerumunan.

Selain itu, proses antrean pun teratur dan banyak petugas yang sigap melayani. Ini menunjukkan bahwa program vaksinasi dipersiapkan secara cermat,” kata Eny.

Ia pun berharap, setelah mendapat vaksinasi, masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Baca juga: Cek Dulu Kemudahan Aksesibilitas Kawasan Sebelum Membeli Properti

“Tetap menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan menghindari pergerakan yang tidak perlu. Mari kita bersama sukseskan program vaksinasi nasional,” ajak Eny.

Warga Tatar Mayang Sunda KBP, Eny Sayekti, mengaku bersyukur menjadi penerima vaksin. Dengan mengikuti program vaksinasi yang digelar KBP, kata Eny, ia turut membantu pemerintah menyukseskan program nasional vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.
Dok. Kota Baru Parahyangan Warga Tatar Mayang Sunda KBP, Eny Sayekti, mengaku bersyukur menjadi penerima vaksin. Dengan mengikuti program vaksinasi yang digelar KBP, kata Eny, ia turut membantu pemerintah menyukseskan program nasional vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Untuk diketahui, seiring 20 tahun pengembangan KBP sebagai kota mandiri, kawasan ini semakin lengkap dengan berbagai fasilitas dan pembangunan fisik.

Adapun untuk menunjang sebuah kota mandiri, KBP telah membangun town center dan commercial area. Sejumlah brand internasional telah bergabung di KBP, seperti IKEA, Parahyangan Golf, CELLINI, bank-bank ternama, dan brand fast food.

Telah hadir fasilitas pendidikan, baik formal maupun informal bertaraf nasional, nasional plus, dan internasional mulai dari tingkat playgroup hingga universitas.

Baca juga: Mau Punya “Home Sweet Home”? Pertimbangkan Faktor Lingkungan Sebelum Membeli Rumah

Fasilitas KBP pun akan semakin lengkap melalui sejumlah proyek strategis, mulai dari sarana rekreasi water theme park yang direncanakan beroperasi pada 2022, pasar modern, dan commercial hub yang dilengkapi green spine untuk pedestrian.

Tak hanya itu, telah tercipta pula ekosistem warga KBP yang peduli dan aktif terhadap hal-hal positif.

Mulai dari aspek lingkungan dan gaya hidup sehat melalui komunitas dan gerakan Hayu Hejo, hingga kolaborasi aktif mendukung program vaksinasi dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.