Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Italia Wajib Punya Sertifikat Vaksin bila Ingin ke Tempat Rekreasi

Kompas.com - 24/07/2021, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber AFP

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan laju penyebaran Covid-19, Pemerintah Italia mengumumkan mulai bulan depan warganya wajib memiliki sertifikat digital atau green pass sebelum mengakses berbagai layanan dan kegiatan rekreasi.

Pengumuman tersebut disampaikan secara resmi pada Kamis (23/07/2021). Ini berarti aturan baru akan mulai berlaku pada pekan depan. 

Green pass merupakan surat yang menunjukkan jika seseorang telah menerima setidaknya satu kali dosis vaksin atau telah dites negatif atau baru saja pulih dari Covid-19.

Mulai 6 Agustus, green pass akan diperlukan bila warga Italia ingin pergi ke gym, kolam renang, stadion olahraga, museum, spa, kasino, dan bioskop. Makan di restoran dalam ruangan juga membutuhkan izin ini.

Baca juga: Pasca Lockdown Parsial, Pasar dan Pusat Jajanan di Singapura Sepi

"Green pass sangat penting jika kita ingin bisnis tetap terbuka," kata Perdana Menteri Italia, Mario Draghi seperti dikutip dari AFP.

Namun, rencana agar green pass dibutuhkan untuk mengakses kereta api, transportasi umum, dan penerbangan domestik harus ditunda sementara waktu karena partai-partai sayap kanan berpendapat ini akan mematikan pariwisata.

Sebaliknya, kabinet setuju bahwa diskotik harus tetap ditutup, bahkan bagi mereka yang memiliki Green Pass.

Sertifikat digital ini diperkenalkan di Italia bulan lalu, tetapi sampai sekarang hanya diperlukan untuk warga yang melakukan perjalanan di dalam Uni Eropa dan untuk mendapatkan akses ke panti jompo atau resepsi pernikahan besar di Italia.

Keputusan pemerintah untuk memperluas penggunaan sertifikat ini mengikuti langkah pemerintah Perancis bulan ini untuk mengantisipasi penularan covid melalui varian Delta.

Jumlah infeksi virus corona baru yang tercatat di Italia telah berlipat ganda selama seminggu terakhir, dan mencapai 5.057 kasus pada hari Kamis (21/07/2021).

Sekitar 48,2 persen orang Italia sepenuhnya telah divaksin dan 14,1 persen lainnya sedang menunggu suntikan kedua.

Studi menunjukkan bahwa vaksinasi ganda menawarkan perlindungan yang kuat dari infeksi varian Delta, sementara dosis awal hanya memberikan perlindungan terbatas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com