Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Penyekatan Tol, YLKI: Boleh Masuk Nggak Bisa Keluar, Disuruh Terbang?

Kompas.com - 17/07/2021, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bentuk dukungan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, sejumlah exit toll (pintu keluar tol) yang ada di kedua wilayah tersebut harus disekat.

Sebagai contoh, di Provinsi Jawa Tengah, diberlakukan penyekatan di 27 pintu keluar tol mulai Jumat (16/07/2021) hingga Kamis (22/07/2021).

Untuk mendukung kebijakan ini, PT Waskita Toll Road (WTR) berkoordinasi bersama pihak Kepolisian dan TNI dalam melakukan pengaturan lalu lintas (lalin) di beberapa titik lokasi di ruas jalan tol untuk membatasi mobilitas masyarakat.

Baca juga: 27 Exit Tol di Jawa Tengah Ditutup Mulai Jumat, Berikut Rinciannya

Direktur Utama WTR Septiawan Andri Purwanto mengatakan, ada beberapa titik pembatasan mobilitas pada ruas-ruas tol WTR seperti di Jalan Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang, serta Tol Pemalang-Batang.

Namun, salah satu pintu keluar Tol Pemalang-Batang yaitu Pekalongan-Batang mengalami penutupan yang menyebabkan banyak pengendara tidak bisa keluar.

Kejadian ini sebagaimana diunggah dalam bentuk video oleh akun Instagram @lambe_turah.

Dalam video tersebut, seorang perekam video mengeluhkan bahwa seharusnya penyekatan dilakukan sejak pintu masuk tol tersebut.

"Nah ini pintu keluar tol di Pekalongan-Batang ya. Jadi, kalau mau ditutup harusnya dari pintu masuk, ini kan pintu keluarnya ketutup,"  keluh perekam video.

Unggahan video penutupan di pintu keluar tol tersebut menuai banyak reaksi dari warganet.

"Maksudnya gimana sih?? Bukannya malah menimbulkan kemacetan? Dan nanti ujungnya mereka pasti pada keluar dari kendaraan dan terjadilah kerumunan, nanti endingya jadi klaster ecxit tol" tulis akun Instagram @afpprama

"lah itu ditutup gada penjaga? kalo misal truk ekspedisi gimana coba?," komentar akun @noviarns

"Aturan pemerintah yg gak Guna..," terang akun @feby_patandun

Hingga berita ini diturunkan, unggahan video penutupan pintu keluar Tol Pekalongan-Batang ini telah direspons oleh 77.232 orang dan mendapatkan 2.381 komentar.

Baca juga: 27 Exit Tol di Jawa Tengah Ditutup Mulai Jumat, Berikut Rinciannya

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai kejadian ini sebagai wujud kekeliruan dari sisi manajemen lalu lintas (lalin).

Dia mengatakan, jika ingin membatasi mobilitas, seharusnya pintu masuk (input) maupun keluar (output) tol, sama-sama ditutup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com