Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Skor 63 Platinum, JIS Jadi Ruang Publik Pertama Berlabel Green Building

Kompas.com - 16/07/2021, 21:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta International Stadium (JIS) meraih skor 63 greenship platinum level untuk design and build dari lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI).

GBCI merupakan anggota dari World Green Building Council (WGBC) yang berpusat di Toronto, Kanada yang beranggotakan 102 negara di seluruh dunia.

Anggota Lembaga Konsil Bangunan Hijau Indonesia atau Green Building Council Indonesia (GBCI) Prasetyoadi mengatakan, penilaian greenship platinum level untuk design recognition disandarkan pada enam parameteryaitu appropriate site development (ASD) yang memperoleh poin reverifikasi sebesar 12.

Lalu energy efficiency and conservation (EEC) mendapatkan poin 24, water conservation (WAC) memperoleh poin 18, material resources and cycle (MRC) meraih 2 poin, indoor health and comfort (IHC) mendapatkan 4 poin, dan building environment management (BEM) memperoleh 3 poin.

Baca juga: Stadion JIS Masuki Tahap Roof Lifting, Anies: Ini Pertama di Dunia

"Berdasarkan hasil assessment sertifikasi atau greenship level platinum pada design recognition secara keseluruhan aspek penilaian JIS memperoleh skor 63," kata Tiyok dalam rilis yang dikutip Kompas.com, Jumat (16/07/2021).

Dengan torehan pencapaian ini, Tiyok memastikan JIS merupakan ruang publik pertama di Indonesia yang menggusung konsep green building.

"Kalau gedung-gedung perkantoran itu kan sudah banyak yang mengusung konsep green building, tapi ruang publik seperti sarana olaraga itu JIS menjadi yang pertama mengusung green building," kata Tiyok menjawab Kompas.com.

Harapannya, stadion standar FIFA ini akan memicu kawasan publik lainnya di Indonesia untuk menerapkan prinsip-prinsip green building.

Meski demikian, Tiyo mengingatkan, green building bukan sekadar konsep bangunannya, melainkan juga perubahan mindset dan pola perilaku masyarakat sekitar.

Hadirnya JIS merupakan stadion pertama di Indonesia yang memiliki atap buka tutup (retractable roof) akan menjadi simbol pembangunan berkelanjutan di Indonesia sekaligus menjadi katalisator urban regeneration.

Hal ini sejalan dengan visi kota Jakarta yang sedang fokus menjadi livable city.

Tiyok mengatakan untuk mendukung green building JIS, setidaknya beberapa indikator yang meski terpenuhi salah satunya yaitu lahan tepat guna.

Selain itu, JIS juga harus accessible dan ramah bagi pejalan kaki, hemat energi, dibangun menggunakan material ramah lingkungan, mendukung faktor kesehatan dalam ruang, dan manajemen lingkungan.

Untuk diketahui, JIS didesain memiliki ramp sebagai pintu masuk utama bagi suporter dan concourse di lantai 3 yang menjadi sirkulasi bagi penonton dari stadion utama JIS.

Nantinya, terdapat dua ramp yakni dari sisi Timur dan Barat. Kedua suporter dati tim yang bertanding akan memiliki akses utama masing-masing.

Selanjutnya, sebagai langkah penghematan dan mendukung upaya berkelanjutan, sebanyak 5,4 persen kebutuhan listrik stadion akan memanfaatkan solar panel.

Kemudian, JIS juga akan dikelliling oleh fasad yang memiliki selubung bangunan. Setengah keliling stadion utama JIS bakal memiliki sirkulasi udara dan cahaya matahari yang cukup. Hal ini berarti juga akan mengurangi pemakaian AC.

JIS juga memiliki konsep water conservation atau penghematan penggunaan air. Wastafel, keran tembok maupun shower akan dilengkapi dengan fitur auto stop.

 

 

Catatan redaksi: Judul berita telah mengalami penyuntingan lebih lanjut berdasarkan ralat dan permintaan maaf dari staf Humas Pemprov DKI Jakarta, bahwa skor Platinum Greenship JIS adalah 63, bukan 91.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com