Kompas.com - 14/07/2021, 14:00 WIB
Salah satu gerai departemen store ternama di Inggris, John Lewis, yang berlokasi di Leeds DezeenSalah satu gerai departemen store ternama di Inggris, John Lewis, yang berlokasi di Leeds

JAKARTA, KOMPAS.com - Departemen store ternama di Inggris, John Lewis, berencana untuk mengubah tempat parkir seluruh gerainya menjadi perumahan sewa.

Selama satu dekade ke depan, akan dibangun sekitar 10.000 rumah pada semua lokasi John Lewis, termasuk bagian atas supermarket Waitrose dan di sebelah pusat distribusinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dikutip dari Dezeen, Rabu (14/07/2021), rencana ini diambil pihak manajemen sebagai upaya untuk membantu mengatasi kekurangan perumahan di Inggris.

Ini juga diharapkan untuk memulihkan kembali keuangan departemen store yang merosot karena terkenda pandemi virus Corona.

Baca juga: Pemerintah Malaysia Didesak Buka Kembali Sektor Ritel

“Sebagai bisnis yang memiliki tujuan sosial, kami berambisi memasuki bisnis penyewaan properti. Ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan perumahan dan mendukung komunitas lokal," kata Direktur Eksekutif Strategi dan Pengembangan Komersial John Lewis, Nina Bhatia.

Kehadiran rumah sewa ini juga diharapkan bisa memberikan pendapatan jangka panjang yang stabil, membuka peluang kerja baru serta mengokohkan status John Lewis sebagai merek tepercaya yang memiliki layanan prima.

Sejauh ini, John Lewis dalam tahap perencanaan untuk membangun 7.000 rumah dari target 10.000 rumah sewa di seluruh portofolio properti yang mereka miliki.

Namun, rumah tambahan juga bisa dibangun di lokasi baru, ritel-ritel yang menjadi mitra John Lewis berencana untuk mengajukan sejumlah aplikasi perencanaan pada awal 2022.

Siapa arsitek yang akan bekerja sama dengan John Lewis untuk pembangunan rumah sewa ini belum terungkap.

Namun, perusahaan ini sebelumnya bekerja sama dengan London Acme untuk membangun gerai mereka di Leeds.

Rumah sewa yang dirilis oleh John Lewis pertama direncanakan untuk Inggris tenggara dan akan memiliki beberapa ukuran. Mulai dari flat studio hingga rumah dengan empat kamar tidur.

Nantinya, para penyewa rumah di John Lewis bisa menyewa furnitur dari ritel yang menjadi mitra dan biaya sewa furnitur masuk dalam harga sewa rumah.

Menyewa furnitur telah menjadi tren yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena semakin populernya konsep ekonomi berbagi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.