Di Tengah Pandemi, Temasek Raih Pendapatan Rp 4 Triliun

Kompas.com - 13/07/2021, 22:00 WIB
Ikon Singapura Patung Merlion di Taman Merlion, Marina Bay, Kamis siang (25/03/2021) KOMPAS.com/ERICSSENIkon Singapura Patung Merlion di Taman Merlion, Marina Bay, Kamis siang (25/03/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun dalam kondisi Covid-19, perusahaan investasi Singapura, Temasek, mampu meraup pendapatan hingga 381 miliar dolar Singapura (SD) atau setara Rp 4,065 triliun.

Temasek menutup tahun keuangannya pada 31 Maret dan baru mengumumkan hasil review tahunannya, Selasa (13/07/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Temasek menjelaskan pendapatan bersih naik 75 miliar SD (Rp 801,5 miliar) dibandingkan tahun keuangan sebelumnya.

Selama tahun keuangan 2020/2021, Temasek menginvestasikan dana senilai 49 miliar SD (Rp 523,6 miliar) dan berhasil mengurangi aset senilai 39 miliar SD (Rp 416,8 miliar).

Baca juga: Istri CEO Grab Beli Bungalow di CBD Singapura Seharga Rp 580 Miliar

Sementara itu, total pengembalian saham (TSR) 2 selama satu tahun adalah 24,53 persen. Padahal rata-rata TSR yang didapatkan Temasek sejak didirikan pada tahun 1974 adalah 14 persen per tahunnya.

Kepala gabungan investasi dan pengembang portofolio Temasek Nagi Hamiyeh menjelaskan meskipun terjadi pembatasan di berbagai wilayah, investasi tetap dilakukan.

“Ini adalah tahun rekor investasi dan divestasi untuk Temasek. Itu cukup luar biasa, mengingat adanya lockdown selama pandemi dan berbagai hambatan perjalanan dan pertemuan tatap muka,” ujar Hamiyeh.

Menurut Hamiyeh, Temasek cukup beruntung karena memiliki hubungan yang dalam dan tepercaya dengan para investor sehingga bisa bertahan dalam pandemi.

“Beberapa investasi besar kami akan membantu memposisikan ulang portofolio pasca-Covid. Tujuan kami adalah membangun portofolio yang visioner dan tangguh sehingga bisa memberikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” jelasnya.

Pandemi Covid-19 membuat pandangan Temasek berubah khusunya dalam pemilihan portofolio investasi.

Baca juga: Kinerja Turun, Temasek Perluas Portofolio di Sejumlah Sektor

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.