390 Tempat Tidur Baru Pasien Covid-19 Disiapkan di RS Cipto Mungunkusumo

Kompas.com - 12/07/2021, 18:49 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih akan terus menambah kapasitas sarana rumah sakit (RS) untuk penanganan pasien Covid-19.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tambahan kapasitas rumah sakit untuk pasien Covid-19 yang telah beroperasi hingga saat ini adalah Rumah Sakit Darurat Asrama Haji dan sarana isolasi mandiri di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput di Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami sesuai dengan tugas dan fungsinya menyiapkan tambahan rumah sakit, tidak hanya tempat isolasi tapi rumah sakit,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (12/07/2021).

Selanjutnya, Kementerian PUPR akan menyiapkan zona khusus penanganan Covid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Baca juga: Sabtu, RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede Siap Beroperasi

RSCM merupakan rumah sakit ketiga yang disiapkan Kementerian PUPR sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Terdapat 390 tempat tidur baru yang disediakan dan berlokasi tepatnya di lantai 2,3 dan 5 serta lantai 8, 9, dan 10 RSCM. Pengerjaan ini ditargetkan akan selesai dalam waktu tiga minggu.

"Kami baru saja diberi penugasan oleh Bapak Menteri Kesehatan untuk menyiapkan Rumah Sakit Kiara atau Paviliun Kirana Rumah Sakit RSCM menjadi Rumah Sakit Covid-19," kata dia.

Sedangkan RS Asrama Haji Pondok Gede telah beroperasi sejak Sabtu (10/07/2021). Total gedung yang disiapkan adalah lima gedung, yaitu Gedung A, B, C, H, dan D5.

Senin (12/07/2021) Gedung A RS Darurat Asrama Haji tercatat telah menampung sebanyak 40 pasien terpapar Covid-19.

Rumah Sakit Asrama Haji hanya menerima pasien rujukan dari rumah sakit atau puskesmas dengan dengan gejala ringan dan sedang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.