Perusahaan Swasta Rela Bayar Mahal Demi Gedung Ramah Lingkungan

Kompas.com - 10/07/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi perkantoran. interiordesign.netIlustrasi perkantoran.

JAKARTA, KOMPAS.com – Mayoritas perusahaan di Asia Pasifik bersedia membayar biaya sewa premium untuk bangunan yang lebih ramah lingkungan.

Ini kabar baik karena sejalan dengan komitmen para pengembangan properti dengan konsep berkelanjutan di wilayah Asia Pasifik, sebanyak 40 persen di antaranya menargetkan emisi karbon nol persen dan 40 persen lainnya berencana mewujudkannya pada tahun 2025.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Upaya dekarbonisasi real estat juga mendorong 80 persen pengguna dari segmen perusahaan untuk lebih memilih lokasi yang membantu mereka mengurangi emisi karbon.

Sementara 65 persen investor lainnya berkomitmen untuk lebih fokus pada investasi bangunan yang ramah lingkungan.

Fakta ini muncul dari laporan JLL Asia Pasifik yang melakukan survei terhadap lebih dari 550 pemimpin perusahaan real estat.

Baca juga: Terbesar di Asia Pasifik, Hilton Singapore Orchard Berisi 1.080 Kamar

Dalam laporan yang berjudul “Sustainable Real Estate: From ambitions to actions” ini ditemukan 90 persen perusahaan setuju mengatasi emisi dari sektor properti merupakan hal penting.

Tak hanya itu, para perusahaan pun ingin mencapai target emisi karbon nol persen. Ini menandakan era baru untuk portofolio sewa dan investasi di industri propert regional.

Chief Executive Officer APAC  JLL Anthony Couse mengatakan bagi perusahaan yang beroperasi di Asia Pasifik, pengurangan penggunaan aktivitas karbon memiliki kaitan erat dengan properti.

“Para pengguna mengharapkan solusi properti yang dapat mendukung agenda keberlanjutan mereka. Ini akan mendorong investor memprioritaskan investasi hijau, mengarahkan transformasi industri real estat menuju bangunan ramah lingkungan,” ujar Couse, Jumat (09/07/2021).

Namun belum semua pengusaha menunjukkan keseriusannya dalam berkomitmen untuk mewujdukan properti yang ramah lingkungan ini. 

Baca juga: Perang Tarif Sewa Perkantoran di Jakarta Terus Berlanjut

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.