Sederet Proyek Infrastruktur Dibangun Pemerintah di Sumatera Barat

Kompas.com - 10/07/2021, 06:00 WIB
Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang (SRG) Dok. Kementerian PUPR.Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang (SRG)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah infrastruktur tengah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Proyek infrastruktur tersebut adalah revitalisasi kawasan Nagari Saribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan, Pasar Rakyat Pariaman di Kota Pariaman, serta Jalan Tol Padang-Sicincin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan konektivitas, baik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maupun sektor pariwisata.

Revitalisasi kawasan Nagari SRG dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR.

Pekerjaan tersebut merupakan tindak lanjut atas pencanangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Padang pada Februari 2018.

Baca juga: Basuki Resmikan 10 Proyek Infrastruktur di Provinsi Sumatera Barat

Revitalisasi kawasan rumah adat khas Minangkabau itu berupa pemugaran 32 rumah gadang, penataan lanskap kawasan, pembangunan menara songket sebagai landmark, serta sederet fasilitas untuk wisatawan.

Pembangunannya dilaukan oleh 475 orang tenaga kerja dan 5 tukang tuo dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2019-2020 sebesar Rp 67 miliar.

Kawasan Nagari SRG berjarak 147 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau dengan waktu tempuh sekitar 3,5-4 jam menggunakan transportasi darat.

Selain dapat menambah daya tarik para wisatawan domestik dan mancanegara, kawasan Nagari SRG diharapkan juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Solok Selatan dan sekitarnya.

Pasar Rakyat Pariaman.Dok. Kementerian PUPR. Pasar Rakyat Pariaman.
Demi mendukung pemulihan ekonomi masyarakat saat Pandemi Covid-19, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan revitalisasi Pasar Pariaman sebagai sarana perdagangan rakyat yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan estetis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.