Kompas.com - 09/07/2021, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk memperoleh kontrak baru sebesar Rp 6,7 triliun pada Semester I 2021.

Menurut Corporate Secretary Adhi Karya Farid Budiyanto, jumlah tersebut naik hingga 45 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu senilai Rp 4 triliun.

"Nilai ini merupakan gabungan dari seluruh kontrak yang ada dari berbagai lini bisnis yang dimiliki perseroan," ujar Farid dalam keterangan tertulis, Jumat (09/07/2021).

Dia menjelaskan, kontribusi per lini bisnis pada perolehan kontrak baru ini meliputi konstruksi sebesar 88,83 persen, energi 1,71 persen, properti sebesar 9,03 persen, serta lainnya.

Selain lini bisnis, kontrak baru ini terbagi dalam berbagai tipe pekerjaan yaitu gedung serta jalan dan jembatan masing-masing 20,98 persen dan 44,41 persen.

Kemudian, proyek infrastruktur berupa bendungan, bandara, jalur kereta api, energi, dan lainnya sebesar 32,44 persen, serta 2,17 persen dari properti.

Baca juga: Tahun Ini, Adhi Karya Bidik Kontrak Baru Senilai Rp 25 Triliun

Sementara berdasarkan segmentasi sumber dana, realisasi kontrak baru ini didominasi dari proyek kepemilikan swasta/lainnya yang menyumbang sebanyak 65,01 persen.

Lalu, disusul Pemerintah sebesar 32,94 persen, serta sumber dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2,05 persen.

Untuk rencana perolehan kontrak baru pada Semester II, perseroan saat ini tengah mengikuti proses tender untuk beberapa proyek perkeretaapian, infrastruktur, gedung, dan lainnya.

Dengan proses tender ini, Adhi Karya tahun ini optimis untuk dapat memperoleh peningkatan capaian kontrak sebesar 20 persen-25 persen dibandingkan tahun 2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.