Gaya Arsitektur Japandi Lagi Ngehits, Begini Asal Muasalnya

Kompas.com - 07/07/2021, 08:00 WIB
Dekorasi minimalis Japandi atau perpaduan Jepang dan Skandinavia diprediksi akan jadi tren di tahun 2021. SHUTTERSTOCK/APINYA KURAKHANDekorasi minimalis Japandi atau perpaduan Jepang dan Skandinavia diprediksi akan jadi tren di tahun 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam satu dekade terakhir, definisi kemewahan telah beralih dari gaya mentereng ke bahan-bahan minimalis dengan kualitas bagus.

Salah satu gaya arsitektur yang mengusung konsep minimalis adalah arsitektur Japandi. Kata Japandi merupakan gabungan dari kata Jepang dan Scandi (Skandinavia).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Munculnya gaya arsitektur ini berawal ketika para desainer dan kreatif Denmark mulai bepergian ke Jepang.

Baca juga: Desain Japandi, Solusi Menata Apartemen Sempit

Pada saat itu, desain mereka mulai dipengaruhi oleh estetika oriental yang penuh teka-teki dan memesona seperti yang mereka lihat di negeri Sakura tersebut.

Gaya desain kolaboratif ini dapat dilihat pada beberapa kerajinan keramik, arsitektur, dan furnitur yang ada di Denmark.

Terlebih filosofi kedua gaya arsitektur, Wabi-Sabi dari Jepang dan Hygge dari Denmark menghargai kesederhanaan, minimalis, dan penggunaan material alami.

Bila Anda tertarik mendesain hunian dengan gaya arsitektur Japandi, berikut beberapa prinsip yang harus Anda ikuti.

Minimalis itu penting

Minimalis merupakan kunci gaya arsitektur Japandi. Ini berlaku untuk furnitur dan dekorasi ruangan. Pilihlah furnitur yang fungsional dan sederhana, tanpa banyak ornament tambahan.

Tetap alami

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.