Akhir Tahun Ini, Ke Danau Toba Bisa Lewat Tol Kuala Tanjung-Parapat

Kompas.com - 02/07/2021, 19:00 WIB
Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. Dok. Kementerian PUPRJalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi Seksi 1-4 Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat direncanakan tuntas akhir tahun ini.

Ruas ini dibangun untuk meningkatkan konektivitas di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) serta memudahkan akses wisatawan, khususnya Kota Medan menuju Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan terbangunnya akses jalan dapat meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Basuki dalam siaran pers, Jumat (02/07/2021).

Jalan bebas hambatan yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terbagi dalam enam seksi dengan nilai investasi sebesar Rp 13,4 triliun.

Seksi 1-4 dikerjakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan Badan Usaha Jalan Tol PT Waskita Karya (Persero) Tbk untuk Seksi 2 dan 3.

Lalu, Seksi 1 dan 4 dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero), dan Seksi 5 dan 6 menjadi porsi pemerintah.

Progres pembangunan Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,40 kilometer saat ini sudah mencapai 84,45 persen.

Baca juga: Mulai Kamis, Tol MKTT dan Belmera Terintegrasi Tol Medan-Binjai

Selanjutnya, Seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 18,05 kilometer mencapai 65,94% persen, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 kilometer sudah 62,68 persen, dan Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar membentang 28 kilometer telah mencapai 41,76 persen.

Sementara Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok sepanjang 22,30 kilometer, serta Seksi 6 Seribudolok-Parapat sepanjang 16,70 kilometer masih dalam tahap pengajuan green book.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.