Kompas.com - 02/07/2021, 12:00 WIB
Asamkirche atau Gereja Asam yang berada di Munich Jerman, didesain dengan gaya arsitektur German Late Baroque dan Rococo. The Culture TripAsamkirche atau Gereja Asam yang berada di Munich Jerman, didesain dengan gaya arsitektur German Late Baroque dan Rococo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Munich, Jerman, merupakan salah satu kota yang akan menjadi tuan rumah babak 8 besar Euro 2020 antara Italia dan Belgia. 

Selain merupakan kota penggemar sepakbola, Munich juga terkenal akan arsitektur kotanya yang menawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu bangunan yang mencuri perhatian adalah Gereja St Johann Nepomuk atau yang lebih dikenal sebagai Asamkirche.

Gereja ini dibangun oleh dua kakak beradik, yakni pematung Egid Quirin Asam dan pelukis Cosmas Damian Asam pada abad ke-17.

Baca juga: Gereja St Theodore Ikut Menggalang Dana Pembangunan Masjid Termegah di Eropa, Ini Faktanya

Pembangunan gereja ini berlangsung sekitar 13 tahun, mulai dari tahun 1733 hingga 1746.

Interior mengadopsi gaya arsitek German Late Baroque. Sementara pada bagian eksterior, diberi sentuhan arsitektur Rococo.

Mengutip The Culture Trip, Jumat (02/07/2021), awalnya gedung ini dibangun sebagai kapel pribadi untuk kedua kakak beradik ini. Jadi, ukurannya sangat kecil bila dibandingkan dengan gereja pada umumnya.

Langit-langit kereja berbentuk kolom spiral yang dihiasi lukisan yang menceritakan kehidupan St Johann Nepomuk, yang berasal dari Bohemia, Ceko.

Kapel ini hanya berukuran 22 kali 8 meter namun dipenuhi lukisan alegoris dan patung-patung indah. Meskipun ruangnya terbatas, terdapat tujuh area pengakuan dosa.

Asamkirche penuh dengan lambang dan konsep. Bahkan Asam bersaudara menggunakan cahaya untuk menyampaikan pesan pertobatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.