Kompas.com - 01/07/2021, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah jenazah korban Covid-19 yang dikuburkan di Taman Pemakaman Muslim (TPM) Al-Azhar Memorial Garden, di Karawang Timur, mengalami lonjakan sejak Januari hingga Juni 2021.

Direktur Utama Memorial Garden Nugroho Adiwiwoho mengatakan, jumlah jenazah korban Covid-19 tahun 2021 naik empat kali lipat dibandingkan tahun 2020.

Meski demikian, lahan Taman Pemakaman Muslim Al-Azhar masih cukup luas untuk menampung jenazah, baik korban Covid-19 ataupun non-Covid-19.

Baca juga: Rincian Harga Makam untuk Korban Covid-19 di San Diego Hills

Nugroho mengungkapkan, sejak TPM Al-Azhar dibuka untuk lokasi pemakaman jenazah Covid-19 pada 25 Maret 2020 lalu, pihaknya telah menambah lahan baru seluas lima hektar.

"Sejak Maret 2020, secara keseluruhan, artinya kami tidak memisahkan covid dan non covid, kami telah membuka lahan baru kurang lebih 5 hektar," ujar Nugroho kepada Kompas.com, Rabu (30/06/2021).

Meskipun TPM Al Azhar Memorial Garden menggunakan peralatan dan tenaga ekstra khusus untuk pemakaman Covid-19, tetapi tidak ada perbedaan harga kavling dengan pemakaman untuk non-Covid-19.

Al Azhar Memorial Garden.al azhar memorial garden Al Azhar Memorial Garden.
Dia memandang memakamkan jenazah hukumnya adalah fardu kifayah, sehingga harus ada yang melaksanakan tugas itu.

"Jadi di Al-Azhar Memorial Garden tidak ada perbedaan harga antara kavling makam Covid-19 dan non-Covid-19," imbuh Nugroho.

Selain itu, untuk pemakaman jenazah Covid-19 di tempat ini juga terbuka dan boleh berasal dari mana saja.

Baca juga: Taman Pemakaman Muslim Al Azhar Siap Memakamkan Jenazah Korban Corona

Asalkan dilengkapi dengan catatan surat kematian dan proses pemulasaraan jenazah dilakukan oleh rumah sakit atau satgas Covid-19.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.