Kompas.com - 30/06/2021, 07:00 WIB
Rumah Kaca Berkubah Raksasa Jadi Tempat Konservasi Tanaman di Danau Bekas Galian Batubara di Taiyuan China dezeen.comRumah Kaca Berkubah Raksasa Jadi Tempat Konservasi Tanaman di Danau Bekas Galian Batubara di Taiyuan China

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan arsitek asal Austria, Delugan Meissl Associated Architects (DMAA) baru saja menyelesaikan sebuah kompleks taman Botani (Kebun Raya) di Taiyuan, China.

Kebun Raya Taiyuan merupakan lokasi bekas tambang batu bara di distrik Jinyuan, yang ingin diubah menjadi taman dan museum lanskap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Delugan Meissl membangun tiga rumah kaca berkubah yang berada tepat di samping danau buatan.

Baca juga: Malaysia Gandeng Inggris Rilis Panduan Terbaru Smart City

Selain merancang bangunan, DMAA juga betugas mengawasi pengembangan taman, yang mencakup pembuatan lanskap buatan yang menampilkan perbukitan, danau, air terjun, jalan setapak, dan bangunan.

Ketiga rumah kaca berkubah ini menyediakan lingkungan iklim yang cocok untuk menanam tanaman dari berbagai daerah.

Rumah Kaca Berkubah Raksasa Jadi Tempat Konservasi Tanaman di Danau Bekas Galian Batubara di China dezeen.com Rumah Kaca Berkubah Raksasa Jadi Tempat Konservasi Tanaman di Danau Bekas Galian Batubara di China
Taiyuan Botanical Garden juga mencakup bangunan pintu masuk yang berisi museum alam dan fasilitas administrasi. Selain itu ada juga restoran, museum bonsai, dan pusat penelitian dengan perpustakaan.

Rumah kaca ditempatkan di dekat pintu masuk taman lanskap dan dihubungkan oleh jalan setapak yang membentang di sekitar danau.

Ketiga kubah tersebut masing-masing dibangun menggunakan balok kayu laminasi lengkung ganda yang disusun dalam dua atau tiga lapisan berpotongan.

Mengutip Dezeen, Selasa (29/06/2021), pembangunan rumah kaca membutuhkan penyatuan pengetahuan teknis di bidang desain energi, kinerja termal, integritas struktural dan kaca, serta perakitan dan logistik.

Rumah Kaca Berkubah Raksasa Jadi Tempat Konservasi Tanaman di Danau Bekas Galian Batubara di China dezeen.com Rumah Kaca Berkubah Raksasa Jadi Tempat Konservasi Tanaman di Danau Bekas Galian Batubara di China
Dengan bentang bebas lebih dari 90 meter, terluas dari tiga kubah adalah salah satu struktur kisi kayu terbesar di dunia.

Halaman:


Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.