Mengenal Gaya Arsitektur Rococo yang Cantik dan Menawan

Kompas.com - 30/06/2021, 06:00 WIB
Gaya arsitektur Rococo yang kaya akan detail dan elemen dekoratif. Populer sekitar tahun 1723 dan 1759 di Eropa The SpruceGaya arsitektur Rococo yang kaya akan detail dan elemen dekoratif. Populer sekitar tahun 1723 dan 1759 di Eropa

JAKARTA, KOMPAS.com - Rococo yang juga dikenal sebagai Late Baroque atau Rocaille, merupakan gaya arsitektur hias dengan detail rumit dan berlapis.

Gaya arsitektur ini muncul pada abad ke-18 di Paris dan menyebar ke seluruh Perancis dan Eropa hingga akhirnya digantikan oleh gaya Neo Klasik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arsitektur Rococo lahir di Paris tidak lama setelah kematian Louis XIV sebagai reaksi terhadap arsitektur Barok dan seni klasik Perancis yang diagungkan oleh Raja Matahari.

Pada era baru ini, warga Paris kembali ke kota dari Versailles dan mulai merenovasi rumah mereka dengan semangat yang lebih bebas dan ringan.

Baca juga: Michael Palladino Dirikan Kantor Arsitek Baru di Los Angeles

Gaya Rococo sangat populer saat mendekorasi salon yang digunakan untuk menjamu tamu, dan menjadi acuan sekitar tahun 1723 dan 1759.

Menyenangkan dan meriah, Rococo bagaikan kue pengantin yang bergaya serta diberi sentuhan warna pastel yang lembut.

Desain inti menjadi daya tarik feminin klasik untuk mengimbangi dominasi estetika yang didorong oleh dominasi pria pada masa pemerintahan Louis XIV.

Interior Rococo sangat kohesif karena itu mulai dari desain interior, furnitur, dan karya seni yang hadir semuanya memiliki karakteristik yang sama.

Elemen Kunci Arsitektur Rococo

Rococo merupakan gaya arsitektur yang sangat dekoratif dan teatrikal. Dalam pengaplikasiannya, gaya ini kerap menggunakan elemen dekoratif yang menggabungkan kurva dan kurva counter, serta bentuk asimetris berdasarkan bentuk S dan C.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.