Kompas.com - 29/06/2021, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga rumah dan apartemen di Jakarta sepanjang Kuartal I-2021 turun tipis. Hal ini terungkap dari Rumah.com Indonesia Property Market Index-Harga (RIPMI-H).

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan rata-rata penurunan harga properti di Jakarta turun di kisaran 0,44 persen secara kuartalan (qtq).

"Wilayah-wilayah di DKI Jakarta mengalami penurunan secara merata di kisaran 0,44 persen per kuartal," kata Marine dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (29/06/2021).

Baca juga: Hingga Mei, Program Sejuta Rumah Tembus 312.290 Unit

Wilayah dengan penurunan harga terbesar adalah Jakarta Pusat, yakni sebesar 1,52 persen (qtq). Sementara itu, Jakarta Selatan turun sebesar 1,19 persen (qtq).

"Turunnya harga di kedua wilayah Jakarta ini terjadi baik di segmen rumah tapak maupun apartemen," ujarnya.

Ada pun Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan merupakan kawasan properti kelas atas. Kedua wilayah ini memiliki harga per meter persegi yang tertinggi di antara wilayah Jakarta lainnya.

Marine menilai, penurunan harga di kedua wilayah ini masih terbilang wajar karena permintaan untuk harga di kisaran ini memang sedang rendah.

Selain itu, untuk wilayah Jakarta terjadi ketidaksesuaian antara anggaran dan preferensi.

Harga properti yang tinggi di wilayah Jakarta tidak mampu dicapai oleh kebanyakan pencari properti hunian saat ini.

Data Rumah.com menunjukkan permintaan properti hunian terbanyak masih berasal dari kisaran harga Rp 300 Juta hingga Rp 1,5 miliar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.