Alat Penyaring Ini Dapat Mengolah Air Hujan Jadi Air Minum

Kompas.com - 28/06/2021, 18:51 WIB
Seorang seniman visual asal New York Mary mattingly merancang sebuah alat penyaring air hujan yang dapat diubah menjadi air bersih untuk publik dezeen.comSeorang seniman visual asal New York Mary mattingly merancang sebuah alat penyaring air hujan yang dapat diubah menjadi air bersih untuk publik

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang seniman visual asal New York Amerika Serikat Mary Mattingly merancang sebuah alat penyaring air hujan yang dapat diubah menjadi air bersih layak minum untuk publik.

Alat bernama Watershed Core dengan bentuk bola bulat ini telah dipasang di Prospect Park, Brooklyn, Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Alat ini dirancang untuk menarik perhatian pada isu seputar kualitas, akses dan privatisasi air di perkotaan," kata Mattingly seperti dikutip dari Dezeen, Senin (28/06/2021).

Baca juga: Tahun 2030, BUMD Air Minum yang Dikategorikan Sehat 85 Persen

Cara kerja alat ini meniru sistem cekungan drainase di Kota new York yaitu meliputi saluran air, waduk dan terowongan.

Watershed Core dirancang setinggi tiga meter yang kerangka bahannya terbuat dari material logam. Sebagai penutup bagian luarnya dilapisi dengan alat penyaring rumahan.

Seorang seniman visual asal New York Mary mattingly merancang sebuah alat penyaring air hujan yang dapat diubah menjadi air bersih untuk publik dezeen.com Seorang seniman visual asal New York Mary mattingly merancang sebuah alat penyaring air hujan yang dapat diubah menjadi air bersih untuk publik
Di bagian dalam, dipasang beberapa tanaman asli berikut dengan potnya. air hujan yang masuk akan dikumpulkan dan dibersihkan oleh elemen penyaringan tanamana, tanah, pasir dan batu dan lapisan karbon melalui proses yang disebut fitoremediasi.

Baca juga: Cara New York Atasi Sungai Kotor, Bangun Kolam yang Bisa Menyerap 600.000 Galon Air Per Hari

Watershed Core dianggap menggambarkan sistem pengolahan air minum di New York dalam skala yang lebih kecil.

Saring air hujan untuk diminum

Mattingly mengatakan, tujuan pemasangan Watershed Core di area publik adalah agar pemanfaatan hasil dari penyaringan air hujan ini dapat diminum dan dinikmati oleh masyarakat sekitar.

“Instalasi tersebut menyaring air hujan untuk diminum,” ujarnya.

Halaman:


Sumber Dezeen
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.