Wisma Atlet Penuh, Rusun Pasar Rumput Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Kompas.com - 26/06/2021, 13:30 WIB
Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput di Manggai, Jakarta Selatan. Dok. Kementerian PUPR.Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput di Manggai, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan sebagai fasilitas isolasi/observasi untuk menambah kapasitas tampung pasien Covid-19.

Langkah antisipatif ini dilakukan atas melonjaknya jumlah penderita Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, persiapan Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput merupakan arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Berdasarkan arahan Menteri PUPR kepada kami, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput akan disiapkan sebagai tempat isolasi karena jumlah pasien Covid-19 terus meningkat," tutur Khalawi dalam siaran pers, Sabtu (26/06/2021).

Saat ini, Kementerian PUPR tengah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait pemanfaatan rusun dan pengadaan meubelair di dalam unit hunian.

Demi percepatan rencana pemanfaatan Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput sebagai fasilitas isolasi/observasi Covid-19, Ditjen Perumahan telah menerjunkan tim pemantauan.

Baca juga: Hampir Rampung, Rusun Pasar Jumat Jadi Percontohan Hunian Berbasis TOD

Tim ini terdiri dari Direktorat Rumah Susun dan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa I untuk mempersiapkan sejumlah fasilitas pendukungnya, Kamis (24/06/2021) lalu.

Dia berharap, proses persiapan Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 bisa segera diselesaikan dalam waktu dekat.

Sebab, kata Khalawi, ketersediaan tempat isolasi dan perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat dan rumah sakit rujukan hampir penuh yang membuat pemerintah harus menyediakan alternatif tempat isolasi.

Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput selesai dibangun Kementerian PUPR dan telah diserahterimakan kepada Pemprov DKI Jakarta pada September 2019 lalu.

Konstruksi rusun terdiri dari tiga tower setinggi 25 dengan total kapasitas 1.984 unit.

Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput memiliki luas bangunan untuk hunian 119.325 meter persegi.

Sejumlah fasilitas tersedia pada rusun di antaranya pasar di lantai 1 dan 2 dengan total luas 12.433 meter persegi serta ruang kegiatan sosial di lantai dengan luas 6.302 meter persegi.

Adapun unit hunian yang digunakan mulai lantai 4 hingga 25 dengan luas per unit 36 meter persegi terdiri dari ruang tamu/keluarga, ruang makan, 2 kamar tidur, toilet, kamar mandi, dan ruang servis.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.