Kredit Sindikasi Waskita Bumi Wira Rp 4,74 Triliun Resmi Direlaksasi

Kompas.com - 25/06/2021, 20:00 WIB
PT Waskita Bumi Wira dan Kreditur Sindikasi Sepakat Tandatangani Perjanjian Relaksasi Kredit Sindikasi Senilai Rp 4,7 Triliun
PT Waskita Bumi WiraPT Waskita Bumi Wira dan Kreditur Sindikasi Sepakat Tandatangani Perjanjian Relaksasi Kredit Sindikasi Senilai Rp 4,7 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Bumi Wira (WBW) selaku salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road (WTR) sebesar 99,90 persen telah menandatangani relaksasi kredit sindikasi senilai Rp 4,74 triliun.

Fasilitas sindikasi bank ini dibentuk oleh 18 bank, yaitu Bank BNI, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Bank BRI, dan Bank CIMB Niaga Syariah sebagai Join Mandated Lead Arranger and Bookrunner (JMLAB).

Selain itu Bank Jatim, Bank NTT, Bank Sumselbabel, Bank Kalbar, Bank Riau Kepri, Bank Papua, Bank BPD Bali, Bank Kalsel, Bank Bengkulu, Bank Maluku Malut, Bank Panin, Bank Lampung, Bank ICBC Indonesia dan Bank Jatim Syariah.

Baca juga: Jadi Kontraktor Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Waskita Kunjungi Abu Dhabi

WBW merupakan BUJT pengembang dan pengelola Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) sepanjang 28,29 kilometer.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Septiawan Andri Purwanto menjelaskan, tujuan dari relaksasi adalah untuk menyesuaikan kemampuan WBW dalam membayar bunga dan pokok akibat dampak Covid-19 kepada para kreditur.

"Selain itu juga untuk memenuhi kewajiban untuk mempertahankan Financial Covenant sesuai perjanjian kredit sindikasi,” kata Septiawan dalam keterangan tertulis, Jumat (25/06/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama WBW Herwidiakto menambahkan, relaksasi kredit sindikasi ini akan sangat membantu WBW memenuhi kewajiban kepada para kreditur dan melaksanakan operasional guna menyukseskan dan mendukung program Pemerintah dalam pembangunan Jalan Tol.

Kondisi ketidakmampuan WBW menyelesaikan utangnya sesuai perjanjian Kredit sindikasi utamanya karena adanya Pandemi Covid-19.

"Hal ini berdampak pada jumlah lalu lintas harian tidak sesuai ekspektasi sehingga penerimaan dari operasional tol tidak mencukupi untuk pengembalian pinjaman,” ujar Herwidiakto.

Relaksasi perjanjian Sindikasi Bank yang diberikan kepada WBW untuk Fasilitas Tranche  (tahap) 1A dan Fasilitas Tranche 1B adalah sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X