Trail of Civilization Akan Dikembangkan di Destinasi Super Prioritas Borobudur

Kompas.com - 25/06/2021, 16:00 WIB
Pengembangan Trail of Civilization di DSPN Borobudur Bob KemenparekrafPengembangan Trail of Civilization di DSPN Borobudur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan pola perjalanan Trail of Civilization di Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) Borobudur.

Borobudur Trail of Civilization merupakan uji coba pelaksanaan pola-pola perjalanan di sekitar kawasan Candi Borobudur yang disusun berdasarkan relief yang terdapat di dinding candi.

Relief-relief ini menggambarkan peradaban kehidupan masyarakat sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha di Tanah Jawa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, konsep perjalanan Trail of Civilization ini dapat meningkatkan kualitas pengalaman berwisata bagi wisatawan dengan mengedepankan unsur edukasi, entertainment, dan diperkuat dengan storytelling pada setiap aktivitasnya.

Baca juga: Bedah Rumah di KSPN Borobudur, Pemerintah Kucurkan Rp 55,6 Miliar

"Sebelumnya, pola Trail of Civilization ini telah diujicobakan dalam acara peluncuran 'Borobudur Trail of Civilization' di Omah Mbudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (21/6/2021)," ujar Uno seperti dikutip Kompas.com, dari laman bob.kemenparekraf.go.id, Jumat (25/06/2021).

Uji coba ini merupakan bagian dari langkah Pemerintah mempersiapkan Borobudur sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Harapannya wisata yang localized, customized, and smaller in size ini bisa kita hadirkan melalui Borobudur Trail of Civilization,” imbuh Sandi.

Pengembangan Trail of Civilization di DSPN Borobudur Bob Kemenparekraf Pengembangan Trail of Civilization di DSPN Borobudur
Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani menjelaskan, dalam kegiatan uji coba ada lima pola perjalanan yang diujicobakan.

Kelimanya adalah Ancient Kingdom Trail, Joglosemar Historic Trail, Buddhist Pilgrimage, Edu Trail, dan The Classical Indonesia Batik Route.

Selain itu, uji coba ini juga bertujuan untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan di masa yang akan datang dan menyiapkan atraksi wisata di sekitar kawasan Borobudur.

“Jalur wisata tematik heritage ini disusun berdasarkan relief yang ada di Candi Borobudur,” kata Rizki.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan infrastruktur DSPN Borobudur selesai pada tahun ini.

Anggaran yang dialokasikan untuk membangun infrastruktur di DSPN Borobudur senilai Rp 350 miliar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X